Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Bongko Kopyor Khas Gresik, Menu Buka Puasa Ringan Mengenyangkan

Sebaliknya, bongko kopyor termasuk sulit ditemukan di luar bulan Ramadhan.

Nama bongko kopyor sendiri merupakan kepanjangan dari bubur nangka dan kelapa kopyor.

Sajian ini terbuat dari campuran roti tawar, kelapa muda, pisang, nangka, bubur mutiara, dan siraman santan yang dibungkus daun pisang dan dikukus.

Makanan khas buka puasa ini sepintas mirip bubur sumsum dengan tekstur yang lebih encer dan agak kenyal dan lembut.

Warisan turun temurun

Belum ada catatan secara pasti kapan sajian bongko kopyor itu mulai ada dan eksis menjadi makanan favorit warga Gresik saat berbuka puasa.

Salah seorang pembuat bongko kopyor, Fathonah (58) mengatakan sudah sekitar sepuluh tahunan menjadi pembuat sajian dengan bahan dari campuran kelapa, gula, telur, roti, nangka, dan pisang ini.

Bagian paling sulit, kata dia, adalah menjaga cita rasa dan aroma khas bongko kopyor.

"Paling susah meraciknya, kalau tidak biasa enggak sedap. Pakai daun pisang biar tambah sedap," kata Fathonah dikutip dari Kompas.com (5/5/2021).

Warga Desa Manyar Sidomukti itu mengaku mewarisi resep pembuatan bongko kopyor ini turun-temurun dari orangtuanya.

Kini, Fathonah tinggal melanjutkan resep yang sudah didapatkannya tersebut. "Sudah turun temurun, dulu itu ibu saya yang bikin," tutur Fathonah.

Cocok untuk berbuka puasa Salah seorang penikmat bongko kopyor, Muhammad Khoiron mengatakan, sajian ini sangat cocok sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Komposisi yang ada dalam sajian bongko kopyor cukup ramah bagi perut sebelum menyantap hidangan berat seperti nasi untuk berbuka puasa.

Terlebih, menurut Khoiron, bongko kopyor dinilai memiliki cita rasa khas yang dapat mengundang selera makan. Sehingga sajian ini dinilai sangat cocok untuk hidangan berbuka puasa, sebelum seseorang menikmati nasi.

"Ada rasa khasnya, cocok buat buka puasa karena masih ringan-ringan. Kalau pakai bongko kopyor ini pas, enggak terlalu beratlah," ucap Khoiron.

Resep Bongko Kopyor khas Gresik

Berikut resep dan cara membuat bongko kopyor khas Gresik oleh Maharani Kusuma Dewi dari toko Surabaya Kue. Siapa tahu bisa Anda coba tiru di rumah untuk sajian berbuka puasa nanti.

Cara membuat bongko kopyor

1. Masak sagu mutiara sampai matang dan mengembang. Tandanya sagu mutiara sudah matang adalah akan mengembang di dalam air dan warnanya berubah jadi merah bening.

2. Angkat sagu mutiara yang sudah matang dan tiriskan.

3. Selanjutnya potong-potong pisang sesuai selera dan sisihkan.

4. Potong-potong daun pandan agak besar. Letakkan di atas daun pisang yang akan jadi pembungkus bongko kopyor.

5. Lalu potong nangka kecil-kecil atau sesuai selera.

6. Serut daging kelapa muda. Kemudian sisihkan keduanya.

7. Potong roti tawar, dan sisihkan di wadah yang berbeda.

8. Kemudian campurkan santan kental sedang dengan santan kental.

9. Tambahkan daun pandan, gula pasir, dan garam kemudian aduk hingga mendidih.

10. Setelah mendidih, tambahkan larutan tepung maizena dan aduk lagi beberapa saat sampai larutan benar-benar mendidih. Matikan kompor, sisihkan saus santan.

11. Ambil selembar daun pisang yang ukurannya cukup besar. Hal itu untuk memastikan kuah santan tidak tumpah ketika dibungkus.

12. Tata berbagai varian isi bongko yang sudah kamu siapkan tadi. Untuk satu bungkus bongko kopyor, cukup masukkan satu sendok makan per varian.

13. Kemudian tuang saus santan di atasnya secukupnya. Jika kamu suka santan dan rasa gurih manis, maka bisa tuangkan santan agak banyak.

14. Setelah itu, lipat daun pisang seperti akan membungkus botok. Lalu sematkan tusuk gigi untuk memastikan bungkusan tertutup rapat.

15. Kukus bongko kopyor selama sekitar 15-20 menit. Lalu angkat dan tiriskan. Bongko kopyor pun siap disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bongko Kopyor, Sajian Takjil Khas Gresik yang Diburu Saat Ramadhan

Sumber: Kompas.com (Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa, Kontributor Gresik, Hamzah Arfah | Editor: Yuharrani Aisyah, Robertus Belarminus)

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/04/17/161133981/resep-bongko-kopyor-khas-gresik-menu-buka-puasa-ringan-mengenyangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke