Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Beli Tiket Bus Secara Online untuk Mudik Lebaran 2022

KOMPAS.com - Cara beli tiket bus secara online tentu dibutuhkan oleh masyarakat yang hendak mudik pada periode Lebaran 2022.

Bus memang masih menjadi salah satu moda transportasi pilihan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman agar bisa merayakan hari raya Idul Fitri 1443 H.

Saat ini, calon penumpang tidak perlu lagi mendatangi loket untuk membeli tiket bus. Pasalnya, cara membeli tiket bus kini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Traveloka maupun Redbus.

Dengan membeli tiket bus secara online melalui aplikasi tersebut, penumpang bisa memilih jenis bus, jadwal keberangkatan, bahkan menerima potongan harga saat ada promo.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (8/4/2022), berikut ini cara pesan tiket bus secara online melalui aplikasi Traveloka dan Redbus.

1. Cara pesan tiket bus online lewat Traveloka

Jika penumpang ingin memesan tiket bus secara online melalui Traveloka, unduh aplikasi di Google Play Store atau App Store terlebih dahulu.

Buka aplikasi Traveloka yang sudah terpasang di ponsel dan mulai pesan tiket bus online dengan cara:

- Pilih menu Bus and Shuttle di halaman awal aplikasi.

- Masukkan titik keberangkatan dan tujuan akhir.

- Atur jadwal keberangkatan dan jumlah kursi penumpang yang dibutuhkan.

- Klik opsi Search dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi menampilkan daftar ketersediaan bus sesuai dengan permintaan pengguna, serta harga tiketnya.

- Pilih bus sesuai dengan fasilitas yang dibutuhkan, kemudian klik opsi Select.

- Selanjutnya akan muncul formulir pemesanan tiket bus.

- Masukkan data penumpang dan pemesan di kolom yang tersedia, seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail aktif.

- Cek kembali detail pemesanan tiket, kemudian klik opsi Pilih Cara Pembayaran.

- Pembayaran pemesanan tiket Traveloka bisa dilakukan lewat ATM, Mobile Banking, atau kasir Indomaret dan Alfamart, dengan batas waktu yang ditentukan.

Setelah pembayaran berhasil, pengguna akan menerima e-Tiket di alamat e-mail yang didaftarkan. e-Tiket juga bisa diakses di halaman aplikasi pada menu Pemesanan.

e-Tiket berfungsi untuk memvalidasi pengguna saat hendak naik bus di titik keberangkatan. Cek e-Tiket dan pastikan perlu tidaknya ditukarkan dengan tiket milik perusahaan bus yang dipesan.

Dilansir dari laman Traveloka melalui KOMPAS.com, jika e-Tiket harus ditukar, tunjukkan e-Tiket ke staf bus di titik keberangkatan dan mintalah untuk ditukar dengan tiket kertas.

2. Cara pesan tiket bus online lewat Redbus

Jika pengguna ingin memesan tiket bus secara online melalui Redbus, unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store terlebih dahulu.

Buka aplikasi Redbus yang sudah terpasang di ponsel, kemudian pesan tiket bus secara online dengan cara sebagai berikut:

- Masukkan titik awal keberangkatan dan tujuan akhir di halaman depan aplikasi.

- Masukkan jadwal keberangkatan dan klik opsi Cari.

- Aplikasi akan menampilkan daftar jenis bus dan rincian harga tiket.

- Pilih jenis bus yang ingin digunakan, kemudian isi data diri seperti nama lengkap, alamat e-mail, dan nomor telepon aktif.

- Setelah data terisi lengkap, klik opsi Pembayaran untuk membayar tiket bus yang dipilih.

- Pilih metode pembayaran, baik lewat ATM bank, Mobile Banking, atau kasir Alfamart dan Indomaret.

Jika pembayaran berhasil, pengguna akan memperoleh tiket digital yang dapat diakses di menu Perjalanan Saya pada aplikasi Redbus. Tiket juga akan dikirim ke alamat e-mail yang didaftarkan.

Penumpang bisa menunjukkan tiket digital itu ke staf perusahaan bus yang berada di lokasi keberangkatan.

3. Cara pesan tiket bus online di website resmi perusahaan bus

Selain melalui dua aplikasi tersebut, pengguna juga bisa memesan tiket secara online dengan mengunjungi website resmi perusahaan bus.

Salah satu perusahaan bus yang menyediakan website pemesanan tiket adalah PO Harapan Jaya. Pengguna bisa memesan tiket di laman https://tiket.busharapanjaya.com/id.

Setelah masuk ke halaman depan situs, masukkan titik keberangkatan dan tujuan akhir, kemudian masukkan juga jadwal keberangkatan. Situs pun akan menampilkan ketersediaan bus serta rincian harga tiketnya.

Pilih bus yang hendak digunakan dan isi data diri, yang meliputi nama lengkap, alamat e-mail aktif, nomor telepon aktif, dan jumlah kursi.

Jika telah memilih bus dan mengisi data diri, lakukan pembayaran tiket lewat ATM atau Mobile Banking.

Jika pembayaran berhasil, tiket digital akan dikirim ke alamat e-mail yang didaftarkan. Tukar dengan tiket cetak resmi dari perusahan bus saat berada di lokasi keberangkatan.

(Penulis: Zulfikar Hardiansyah)

Sumber: KOMPAS.com

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/04/16/160000781/3-cara-beli-tiket-bus-secara-online-untuk-mudik-lebaran-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke