Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei IPRC: Dedi Mulyadi Jadi Pesaing Kuat Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

Survei bertajuk ‘Kontestasi Politik 2024: Calon Presiden, Calon Gubernur dan Partai Politik Pilihan Warga Jawa Barat’ itu dilaksanakan dari 16 hingga 25 Desember 2021 dengan jumlah responden 1.200 orang yang tersebar di kota/kabupaten se-Jawa Barat.

Direktur IPRC, Firman Manan dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (1/2/2022) menjelaskan, menrut hasil survei, sebagian besar warga Jawa Barat belum mengetahui bahwa Pileg, Pilpres dan Pilkada serentak akan digelar pada 2024 mendatang.

Namun ketika disurvei, sebanyak 68,8 persen responden setuju orang Jawa Barat maju sebagai capres atau cawapres 2024.

Ada dua nama orang Jabar yang menjadi pilihan responden menduduki posisi 10 besar capres untuk Pilpres 2024.

Keduanya adalah Ridwan Kamil di posisi pertama dengan 18,3 persen dan Dedi Mulyadi di posisi enam dengan 6,6 persen.

"Hasil survei Pilpres ini dilakukan melalui simulasi semi terbuka," kata Fiman.

Ia menjelaskan perbedaan simulasi terbuka dengan tertutup. Untuk simulasi tertutup, responden diberikan daftar foto dan nama capres oleh pewawancara untuk membantu menentukan pilihan. Namun responden tetap bisa memilih di luar nama-nama tersebut.

"Kalau simulasi terbuka tidak diberikan list foto dan nama capres, hanya berdasarkan jawaban spontan dari responden (top of mind)," katanya.

Dtanya soal biaya survei, Firman mengatakan anggarannya berasal dari internal lembaga IPRC.

"Survei dibiayai sendiri oleh IPRC," imbuh Firman melalui pesan WhatsApp.

Survei Pilgub Jabar

Sementara itu, dalam survei Pilgub Jabar dengan simulasi terbuka, Ridwan Kamil masih menduduki posisi pertama dengan 16,3 persen, ditempel ketat oleh Dedi Mulyadi di posisi kedua dengan 6,9 persen.

Menariknya, Dedi Mulyadi yang saat ini tidak memiliki jabatan eksekutif namun elektabilitasnya terus mengejar Ridwan Kamil yang saat ini petahana Gubernur Jabar.

Namun jika Ridwan Kamil tidak ikut dalam Pilgub Jabar karena maju di Pilpres, hasil survei menunjukkan Dedi Mulyadi menempati posisi pertama sebagai cagub pilihan dengan 26,7 persen.

Angka tersebut melampaui pesaing lainnya di posisi kedua yakni Deddy Mizwan yang hanya 9,2 persen dan di posisi ketiga Dede Yusuf 7,3 persen.

Begitu juga dari hasil survei Cawagub, Dedi Mulyadi masih menduduki posisi pertama dengan 12,3 persen, kemudian Deddy Mizwar 9,9 persen dan posisi ketiga Dede Yusuf 7,7 persen.

Firman mengatakan, ada hal yang membuat Dedi Mulyadi muncul dan unggul dalam survei tersebut dibanding Ridwan Kamil. Salah satunya adalah pemanfaatan media sosial yang baik.

“Jadi saya pikir salah satunya adalah beliau (Dedi Mulyadi) melakukan kerja politik dengan memanfaatkan media dan ini yang akan tertinggal bagi kandidat lain termasuk saya pikir Kang Emil (Ridwan Kamil),” ucapnya.

Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Unpad Profesor Muradi yang dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (1/2/2022) menyebut Dedi Mulyadi berpeluang besar menang dalam Pilgub Jabar 2024.

Terlebih jika Ridwan Kamil tidak terjun di Pilgub.

“Nama Dedi Mulyadi masih mendominasi. Dibandingkan dengan kandidat lain tidak ada tokoh yang lebih besar dari Dedi Mulyadi,” katanya.

Seperti diketahui saat ini Dedi Mulyadi hanya menduduki posisi anggota DPR RI.

Sebagai anggota legislatif, ia hanya mendapat tugas untuk legislasi, anggaran, pengawasan serta menyerap aspirasi.

Sementara eksekusi program dilakukan oleh eksekutif seperti gubernur, wagub, wali kota dan bupati.

Menanggapi survei tersebut, Dedi mengatakan, sejak ia menjabat sebagai anggota DPRD Purwakarta, Wabup Purwakarta, Bupati Purwakarta dan kini Anggota DPR RI tugasnya hanya bekerja.

“Saya ini kan dari sejak menjabat anggota DPRD Purwakarta, Wabup Purwakarta, bupati Purwakarta dan kini Anggota DPR RI tugasnya hanya bekerja. Kalau hasil kerja saya dapat apresiasi dari publik, ya segitu juga sudah uyuhan. Saya kan bukan siapa-siapa,” ujar Dedi Mulyadi.

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/02/01/121836781/survei-iprc-dedi-mulyadi-jadi-pesaing-kuat-ridwan-kamil-di-pilgub-jabar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke