Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Pengalihan Lalu Lintas Imbas Banjir di Perbatasan Demak-Kudus

Kompas.com - 18/03/2024, 16:15 WIB
Alinda Hardiantoro,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banjir kembali menggenangi Kabupaten Demak, Jawa Tengah akibat jebolnya tanggul sungai Wulan pada Minggu (17/3/2024). 

Selain merendam permukiman, banjir di wilayah perbatasan Demak-Kudus ini juga melumpuhkan Jalur Pantura.

"Untuk saat ini kondisi pantura lumpuh dari arah Demak-Kudus," kata Kasat Lantas Polres Demak, AKP Lingga Ramadhani saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/3/2024).

Ia pun mengimbau pengendara untuk menghindari daerah tersebut agar tidak terjebak banjir.

Baca juga: Update Banjir Demak: Ketinggian Air dan Daerah yang Terdampak

Rekayasa lalu lintas imbas banjir Demak

Bagi kendaraan kecil yang akan menuju Pati dan Surabaya, Lingga mengatakan, lalu lintas kendaraan akan dialihkan dari simpang tiga melalui jalur Trengguli menuju Mijen-Welahan-Jepara-Kudus-Pati.

"Dan untuk arus lalin kita alihkan dari simpang tiga Trengguli-Mijen-Welahan-Jepara," jelas dia.

Dilansir dari akun resmi media sosial X (Twitter) Polres Demak, @Polres_Demak, berikut jalur alternatif Pantura Demak-Kudus:

  • TL Trengguli - Mijen - Pertigaan Gotri Welahan Jepara - Kudus
  • Kudus - Pertigaan Gotri Welahan Jepara - Mijen - Demak - Semarang.

Akibat pengalihan jalur ini, arus kendaraan dari Demak menuju Welahan hingga masuk ke Kudus, diperkirakan akan meningkat.

Baca juga: Daftar Kabupaten/Kota di Jateng yang Dilanda Banjir akibat Bibit Siklon Tropis

Pihak Satlantas Polres Kudus secara intens berkoordinasi dengan Satlantas Polres Rembang dan Pati agar mengarahkan kendaraan bersumbu tiga menuju Semarang melalui Blora maupun Grobogan.

Sementara itu, untuk pengalihan arus lalu lintas, Satlantas Polres Kudus juga memasang petunjuk agar para pengemudi tidak kebingungan.

Adapun jalur Undaan-Grobogan, saat ini sedang dalam perbaikan Jembatan Babalan, sehingga kondisinya cukup padat meski bisa dilalui.

"Kondisi jalan masih aman dilewati dua arah kendaraan sumbu tiga meskipun arus lalu lintas lumayan padat, tapi tetap bisa jalan terus,” kata KBO Satlantas Polres Kudus, Iptu Noor Alifi, dilansir dari Tribata News.

Selain melakukan pengalihan lalu lintas, Satlantas Polres Kudus juga menyiagakan derek untuk mengatasi kendaraan yang mogok dan menempatkan tim urai apabila terjadi kepadatan arus lalu lintas.

Baca juga: Fenomena Squall Line Disebut Memicu Banjir di Semarang, Ini Faktanya

Terpisah, Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol Ahmad Luthfi mengatakan, rekayasa pengalihan arus juga dilakukan melalui jalur alternatif dari Kudus ke Demak memutar melalui Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara.

Pihak Polda Jawa Tengah juga menyiapkan sejumlah kantong parkir bagi kendaraan bertonase tinggi yang berada di jalur Kudus-Demak dengan penjagaan polisi lalu lintas.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com