Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Hari Jumat Keempat di Bulan November Disebut Black Friday, Ini Asal-usulnya

Kompas.com - 23/11/2023, 19:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Black Friday terjadi sehari setelah Thanksgiving, dan merupakan salah satu hari belanja tersibuk di Amerika Serikat (AS) setiap tahunnya.

Thanksgiving Day sendiri merupakan sebuah perayaan yang dilaksanakan setiap hari Kamis keempat di bulan November.

Saat Black Friday, toko-toko di AS biasanya menawarkan diskon khusus untuk berbagai macam barang dalam upaya memikat para konsumen, baik secara langsung maupun online.

Ada anggapan jika istilah Black Friday berasal dari konsep bahwa, toko-toko dalam keadaan merugi atau berada dalam “zona merah”, hingga sehari setelah Thanksgiving.

Itu ketika penjualan besar-besaran menghasilkan keuntungan atau menempatkan toko-toko pada posisi menguntungkan, “dalam zona hitam”. Namun, anggapan tersebut tidak benar.

Baca juga: Mengenal Asal-usul Robin Hood, Apakah Sosoknya Benar-benar Ada?


Lantas, bagaimana sejarah awal Black Friday?

Sejarah Black Friday

Dikutip dari laman Britannica, istilah Black Friday berasal dari awal tahun 1960-an, di mana petugas polisi di Philadelphia mulai menggunakan frasa “Black Friday”.

Frasa tersebut dipakai untuk menggambarkan kekacauan yang diakibatkan ketika sejumlah besar wisatawan pinggiran kota datang ke kota untuk memulai “belanja liburan” mereka.

Kerumunan besar ini membuat polisi sibuk dan bekerja dalam shift yang lebih lama dari biasanya, karena menangani kemacetan lalu lintas, kecelakaan, dan masalah lainnya.

Dalam beberapa tahun, istilah Black Friday mengakar di Philadelphia. Para pedagang di kota berusaha menampilkan istilah yang lebih positif dengan menyebutnya “Big Friday”.

Baca juga: Mengapa Kawasan Eropa Utara Disebut Skandinavia?

Ungkapan “Black Friday” berkembang secara nasional pada akhir 1980-an, ketika para pedagang mulai menyebarkan narasi keuntungan red to black (merah ke hitam).

Narasi tersebut menggambarkan Black Friday sebagai hari di mana toko-toko mulai menghasilkan keuntungan terbesar dalam setahun, dan menjadi hari belanja terbesar di AS.

Padahal, jika melihat fakta, sebagian besar toko mengalami penjualan terbesar pada hari Sabtu sebelum Natal.

Sejak saat itu, akar istilah Black Friday yang cenderung gelap di Philadelphia perlahan dilupakan, terganti pesta belanja.

Baca juga: Mengenal Paman Sam, Sosok yang Menjadi Simbol Negara Amerika Serikat

Istilah untuk krisis keuangan

Ilustrasi krisis keuangan Black Friday.iStockphoto/SARINYAPINNGAM Ilustrasi krisis keuangan Black Friday.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com