Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Wajah Memerah Saat Seseorang Merasa Malu?

Kompas.com - 07/10/2023, 16:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Wajah memerah (blushing) adalah respons fisiologis unik yang terjadi dalam situasi tertentu, misalnya ketika seseorang merasa sangat malu.

Ini bisa terjadi ketika Anda melakukan hal konyol di depan umum atau ketika pertama kali akan menyatakan perasaan kepada seseorang yang Anda sukai.

Anda tidak dapat menghentikan aliran darah ke wajah, seperti halnya tidak bisa mencegah paru-paru menghirup udara atau jantung memompa darah.

Baca juga: Mengapa Kucing Buang Air Besar Saat Merasa Sangat Takut?

Dilansir dari laman Santa Clara University, wajah memerah adalah bagian dari mekanisme fight-or-flight (lawan-atau-lari), yaitu cara tubuh merespons dalam keadaan darurat.

Adrenalin bertanggung jawab atas semua tindakan tanggap darurat ini. Stimulan alami tubuh, adrenalin meningkatkan laju pernapasan, dan menyebabkan pupil membesar.

Hal ini juga menyebabkan pembuluh darah di dalam otot melebar, untuk mendapatkan lebih banyak oksigen dan energi di tempat yang paling membutuhkannya.

Pembuluh darah di wajah juga ikut melebar, sehingga lebih banyak darah mengalir, pipi kemudian menjadi lebih hangat dan merah.

Baca juga: Mengapa Dinamakan Greenland? Padahal Wilayahnya Putih Tertutup Salju dan Es


Namun, rasa malu bukanlah suatu keadaan darurat, lantas mengapa ia membuat wajah menjadi merah?

Alasan wajah memerah saat malu

Ini berkaitan dengan bagaimana berbagai pembuluh darah di tubuh merespons adrenalin. Dan rasa malu dapat memicu pelepasan adrenalin.

Dikutip dari laman BBC Science Focus, kondisi ini bisa terjadi karena ketika seseorang merasa malu atau berada dalam situasi yang canggung secara sosial, respons stres tubuh akan terpicu.

Respons ini melibatkan pelepasan adrenalin, yang menyebabkan pembuluh darah di kulit melebar, sehingga lebih banyak darah yang mengalir melaluinya.

Peningkatan aliran darah menyebabkan kondisi kemerahan pada wajah, sehingga menimbulkan ciri khas rona merah.

Dan mekanisme wajah yang memerah ini berada di luar kendali manusia, karena itu merupakan respon yang tidak disengaja.

Baca juga: 5 Manfaat Positif jika Anda Rutin Bersepeda di Pagi Hari

Penyebab lain kondisi wajah memerah

Ilustrasi faktor penyebab wajah menjadi merah.iStockphoto/Nuttawan Jayawan Ilustrasi faktor penyebab wajah menjadi merah.

Wajah memerah merupakan respons tubuh normal yang mungkin terjadi saat seseorang merasa malu, marah, bersemangat, atau mengalami emosi kuat lainnya.

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com