Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kucing Tidak Bisa Merasakan Rasa Manis?

Kompas.com - 17/09/2023, 14:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kucing adalah hewan yang tidak menyukai sesuatu yang manis. Teman berbulu Anda lebih tertarik pada daging dan ikan.

Karena kebutuhan fisiologis mereka terhadap pola makan berbasis daging, kucing tampaknya menjadi salah satu dari sedikit hewan yang tidak dapat merasakan manis.

Dikutip dari laman Cats Protection, reseptor di lidah kucing yang bertanggung jawab untuk mendeteksi rasa manis tidak terlalu sensitif.

Sebaliknya, reseptor rasa kucing diprogram untuk mendeteksi dan bereaksi terhadap rasa daging, karena inilah yang mendorong nafsu makan dan pilihan makanannya.

Hal ini sangat masuk akal karena kucing adalah karnivora dan yang membutuhkan daging agar tetap bugar dan sehat.

Meskipun dalam beberapa situasi, kucing suka ketika diberi cokelat atau es krim. Tapi bukan rasa manis yang membuat mereka tertarik, melainkan kandungan lemaknya.

Baca juga: 7 Tanda Kucing Peliharaan Anda Sedang Merasa Bosan


Lantas, mengapa kucing tidak bisa merasakan rasa manis?

Indera perasa kucing

Kucing adalah hewan karnivora obligat, artinya mereka harus memakan produk hewani untuk bertahan hidup.

Dilansir dari laman The Spruce Pets, karena kucing tidak membutuhkan karbohidrat dalam makanannya, mereka tidak perlu mendeteksi rasa manis.

Kucing memiliki lebih sedikit kuncup pengecap dibanding manusia dan anjing. Manusia memiliki sekitar 9.000 kuncup pengecap, dan anjing memiliki sekitar 1.700.

Namun, kucing hanya memiliki sekitar 470 kuncup pengecap. Mereka tidak memiliki reseptor rasa manis yang memungkinkan otak mereka mengenali rasa manis.

Baca juga: Mengapa Kucing Menyukai Ikan dan Anjing Menyukai Tulang?

Sebaliknya, kucing bisa merasakan rasa pahit dengan sangat baik. Meskipun jumlah reseptor rasa pahitnya sama dengan manusia, milik kucing sudah sangat berkembang.

Kemampuan ekstra untuk merasakan rasa pahit ini dapat membantu kucing menjauhi racun di lingkungan, yang sebagian besar memiliki rasa pahit.

Kucing juga mampu merasakan rasa asam, asin, dan umami dengan cukup baik. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh indra penciuman kucing yang sangat tajam.

Baca juga: Mengapa Kucing Mengangkat Bokong Saat Anda Mengelus Punggungnya? Berikut Alasannya

Alasan kucing tidak bisa mengecap rasa manis

Kucing adalah karivora obligat yang membutuhkan daging agar tetap bugar dan sehat.iStockphoto/Nils Jacobi Kucing adalah karivora obligat yang membutuhkan daging agar tetap bugar dan sehat.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com