Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Serum Bulu Mata Menumbuhkan Rambut di Area Wajah? Ini Penjelasan Dokter

Kompas.com - 01/08/2023, 14:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan foto yang memperlihatkan wajah seseorang penuh dengan rambut akibat serum bulu mata, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dimuat oleh akun Twitter ini pada Minggu (30/7/2023).

"Kaget banget jadi ni mbaknya nyoba seberapa efektif serum bulu mata tapi nyobanya malah ke satu muka jadinya malah begini," tulis pengunggah.

Warganet yang melihat unggahan tersebut banyak yang mempertanyakan apakah serum bulu mata memang bisa menumbuhkan rambut di area wajah.

"Serum bulu mana bisa kek begitu??ngadi-ngadi ah..obat penumbuh bulu pria aja gak gitu" amat," kata akun ini.

"Lagian kalau pakai serumnya sekalian doang masa langsung numbuh lebat gitu," tulis akun ini.

Hingga Selasa (1/8/2023) siang, unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 1,8 juta kali dan mendapatkan lebih dari 1.100 komentar dari warganet.

Lantas, benarkah serum bulu mata bisa menumbuhkan rambut di area kulit wajah?

Baca juga: Kutu di Bulu Mata Disebut Berfungsi Memakan Sel Kulit Mati, Benarkah?


Penjelasan dokter

Dokter spesialis kulit dan kelamin di Siloam Hospital Lippo Cikarang, Ineke Winda Ferianasari mengatakan pertumbuhan bulu berlebih yang diakibatkan dari pemakaian serum bulu mata biasanya disebakan oleh bahan-bahan yang ada dalam serum tersebut.

"Untuk bulu biasanya disebabkan oleh bahan yang terkandung di dalamnya, salah satunya kortikosteroid," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (1/8/2023).

Kendati demikian, Ineke menyampaikan bahwa pertumbuhan rambut atau bulu tersebut hanya di tempat yang diolesi dengan serum saja.

Senada, dokter spesialis kulit dan kelamin RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto Ismiralda Oke Putranti turut membenarkan bahwa serum bulu mata bisa membuat pertumbuhan rambut di area kulit lainnya.

"Bisa (menimbulkan pertumbuhan rambut berlebih). Pada prinsipnya zat aktif yang terkandung di dalam serum tersebut akan masuk ke dalam kulit dan dalam jangka panjang pemakaiannya ya," ujarnya terpisah, Selasa (1/8/2023).

"Kalau hanya dipakai sekali ya biasanya tidak sampai begitu (tumbuh rambut berlebih)," tambahnya.

Ismiralda mengatakan, umumnya yang bisa menimbulkan pertumbuhan rambut berlebihan (hipertrikosis) adalah karena serum tersebut memiliki kandungan kortikosteroid atau minoxidil.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com