Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Minum Kopi yang Ampuh untuk Turunkan Berat Badan Menurut Ahli Diet dan Ahli Gizi

Kompas.com - 02/07/2023, 06:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kopi sering kali dikaitkan dengan sederet manfaatnya yang berguna bagi tubuh.

Salah satu manfaat yang banyak diincar adalah efeknya yang bisa untuk menurunkan berat badan.

Kopi juga diketahui mengandung nutrisi seperti niasin, potasium, magnesium, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Meskipun bukan solusi yang cepat untuk menurunkan berat badan, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menjadi tambahan yang sehat untuk diet.

"Kopi, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa terlalu banyak tambahan pemanis, dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan," kata Ashley Shaw, seorang ahli diet terdaftar di Preg Appetit, dikutip dari Insider.

Berikut ini ada beberapa cara minum kopi yang bisa untuk menurunkan berat badan berdasarkan rekomendasi dari ahli diet dan ahli gizi:

Baca juga: 5 Bahan Tambahan yang Bisa Membuat Kopi Lebih Sehat, Apa Saja?

Cara ampuh minum kopi untuk menurunkan berat badan

Cara ampuh minum kopi untuk menurunkan berat badan berdasarkan rekomendasi dari ahli diet.freepik Cara ampuh minum kopi untuk menurunkan berat badan berdasarkan rekomendasi dari ahli diet.
1. Menahan diri untuk tidak minum kopi pada pagi dan malam hari

Jika Anda memiliki kebiasaan minum secangkir kopi begitu bangun dari tempat tidur, maka cobalah untuk berhenti sejenak untuk makan sesuatu terlebih dahulu.

Ini dilakukan untuk membantu mengatasi rasa lapar di beberapa jam berikutnya.

"Sering kali saya melihat klien yang langsung minum kopi di pagi hari," kata ahli gizi dan ahli diet terdaftar Kasey Hageman, dikutip dari Eatthis.

"Saya suka mendorong klien saya untuk makan sesuatu terlebih dahulu dan kemudian menikmati kopi mereka. Hal ini karena kopi dapat mengurangi rasa lapar Anda, yang dapat menyebabkan Anda melewatkan waktu makan," sambungnya.

Baca juga: 6 Kesalahan Minum Kopi yang Bisa Berdampak Buruk bagi Kesehatan, Apa Saja?

Ia mengatakan, meniadakan waktu makan, seperti sarapan, dapat menyebabkan seseorang makan berlebihan di kemudian hari. Selain itu, minum kopi juga tidak diperbolehkan pada larut malam.

Menurut sebuah penelitian pada November 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, kebiasaan mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur dapat mengurangi jumlah waktu tidur dan menggangu siklus tidur yang berakibat pada penambahan berat badan.

"Minum kopi terlalu larut malam dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk, yang kemudian menyebabkan kelelahan di hari berikutnya," kata Hageman.

"Kurang tidur dapat menyebabkan Anda membuat pilihan yang buruk dalam hal makanan, yang dapat membuat tujuan penurunan berat badan menjadi lebih sulit," tambahnya.

Baca juga: Berhenti Minum Kopi? Ini 7 Gejala Penarikan Kafein yang Mungkin Terjadi

2. Batasi jumlah pemanis yang ditambahkan

Selanjutnya, Anda harus mulai membatasi sirup manis, gula, maupun krimer manis yang dapat dengan cepat membuat kadar gula dalam darah melonjak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com