Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arkeolog Temukan Patung Dewi Venus Berusia 1.800 Tahun dari Era Romawi

Kompas.com - 03/04/2023, 20:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Arkeolog Perancis menemukan artefak patung Dewi Venus berusia 1.8000 tahun di tempat pembuangan sampah di Kota Rennes, Perancis.

Situs tersebut diperkirakan adalah bekas lokasi tambang pada masa Romawi kuno. Sebab selain patung Dewi Cinta tersebut, arkeolog juga menemukan tempat pembakaran tembikar, koin, dan pin pakaian 

Kota Rennes yang berlokasi di barat laut Perancis telah ada sejak abad pertama Masehi sebagai kota Romawi Condate Riedonum dan daerah pertambangan.

Baca juga: Arkeolog Ungkap Papirus Berisi Mantra Pelet Cinta Mesir, Begini Isinya

Pemandangan lokasi arkeologi bekas tambang serpih yang sedang digali para arkeolog© Emmanuelle Collado, Inrap Pemandangan lokasi arkeologi bekas tambang serpih yang sedang digali para arkeolog

Penemuan arkeolog

Dikutip dari Live Science, para arkeolog yang menemukan patung tersebut berasal dari Institut Nasional Perancis yang melakukan penggalian awal bulan ini.

Peneliti melakukan penggalian di lokasi tempat pembuangan sampah, karena situs tersebut diduga lokasi tambang batu yang berperan penting untuk fondasi bangunan Romawi di Rennes.

Beberapa patung terakota yang ditemukan menggambarkan Venus dalam peran yang berbeda.

Venus pada periode Romawi dikenal senagai Dewi Cinta. Ia sangat erat kaitannya dengan para kaisar dan kerap menjadi simbol kekuasaan Romawi.

Patung Venus yang ditemukan yakni fragmen patung Dewi Venus yang tubuhnya terbungkus kain.

Sedangkan yang kedua potongan patung yang lebih lengkap susunananya yakni Venus anadyomene atau bangkit dari laut. Bentuk patung Dewi Venus tersebut telanjang dengan lengan tangan kanan memeras air dari rambutnya.

Selain patung Dewi Venus, temuan di lokasi ini juga termasuk tempat pembakaran tembikar, koin dan juga pin pakaian. Para peneliti juga menemukan pecahan pot dan piring di lokasi ini.

Baca juga: Arkeolog Ungkap Bukti Adanya Dunia Lain di Bawah Tanah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com