Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peningkatan Populasi Harimau di Nepal Harus Dibayar Mahal dengan Nyawa Manusia

Kompas.com - 03/08/2022, 14:30 WIB
Taufieq Renaldi Arfiansyah,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nepal telah berhasil meningkatkan populasi harimau di negaranya dari ancaman kepunahan selama 12 tahun terakhir.

Namun di sisi lain, peningkatan populasi harimau tersebut justru merugikan masyarakat Nepal.

Bahkan peningkatan populasi harimau dapat mengancam jiwa masyarakat yang tinggal di perbatasan koridor Khata yang berada di antara Taman Nasional Bardiya dan Suaka Margasatwa Katarniahat.

Operator Eko-Bisnis dan Konservasionis Manoj Gutam mengatakan jika masyarakat Nepal hidup dalam teror harimau, saat ini.

"Ada harga yang harus dibayar masyarakat agar dunia bersukacita karena Nepal menggandakan jumlah harimaunya," kata Gutam dikutip dari BBC, Jumat (28/7/2022).

Baca juga: Selamatkan Harimau Sumatra!

Bertambah tiga kali lipat

Nepal berhasil meningkatkan populasi harimau bengal hampir sebesar tiga kali lipat.

Pada 2010, populasi harimau bengal hanya sebanyak 121 ekor saja, dan saat ini populasinya meningkat menjadi 355 ekor.

Konservasionis telah memberikan penghormatan atas keberhasilan Nepal dalam membantu memulihkan populasi harimau dari tindakan perburuan, juga karena usaha memperluas taman nasional dan menciptakan koridor satwa liar dengan India.

Nepal merupakan negara pertama yang berhasil meningkatkan populasi harimau dari 13 negara yang menjadi habitat harimau di dunia.

Baca juga: Mengenal Harimau Sumatera yang Terancam Punah...

62 orang tewas

Namun sayang, prestasi tersebut justru menimbulkan kekhawatiran baru.

Pasalnya peningkatan populasi harimau tersebut harus dibayar mahal dengan banyaknya serangan harimau terhadap manusia yang terjadi di Nepal.

Menurut Katmandu Post, selama tiga tahun terakhir telah terjadi 104 serangan harimau di dalam kawasan lindung dan menyebabkan 62 orang tewas.

Para korban dilaporkan sering mendapatkan serangan saat mengumpulkan kayu bakar, menggembala ternak dan mencari makanan di hutan.

Direktur Program Konservasi di WWF Nepal, Shiv Raj Bhatta mengungkapkan jika manusia harus belajar hidup berdampingan dengan harimau.

"Kami adalah negara kecil. Peningkatan ini menjadi tantangan baru bagi pemerintah. Sekarang kita perlu menunjukkan bahwa harimau dan manusia bisa hidup berdampingan,” kata Bhatta dikutip dari The Guardian, sabtu (29/7/2022).

Baca juga: Harimau Masuk Kampung dan Memangsa Hewan Ternak Warga di Jambi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com