Badai Matahari Menghantam Bumi Hari Ini, Sinyal Internet Diperkirakan Akan Lemah

Kompas.com - 03/08/2022, 13:05 WIB

KOMPAS.com - Fenomena badai Matahari disebut akan menghantam Bumi pada hari ini, Rabu (3/8/2022).

Dilansir dari Live Science, Selasa (2/8/2022), badai Matahari ini disebabkan adanya angin Matahari dengan kecepatan tinggi yang berasal dari lubang di atmosfer Matahari.

Angin ini akan menghantam medan magnet Bumi dan memicu badai geomagnetik G-1 kecil.

Fenomena terjadinya badai Matahari hari ini

Setelah melakukan pengamatan, Peramal cuaca di Pusat Prediksi Cuaca Antariksa Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (SWPC) memprediksi bahwa bahan gas (dari fenomena badai Matahari) mengalir dari lubang selatan di atmosfer Matahari.

Biasanya, lubang selatan di atmoster Matahari disebut sebagai lubang koronal.

Lubang koronal adalah area di atmosfer atas matahari di mana gas listrik bintang kita (atau plasma) lebih dingin dan kurang padat.

Lubang-lubang seperti itu juga merupakan tempat garis-garis medan magnet matahari. Alih-alih berputar kembali ke dalam dirinya sendiri, ia malah memancarkan sinar ke luar angkasa.

Hal ini memungkinkan material Matahari untuk keluar dalam arus deras yang bergerak dengan kecepatan hingga 1,8 juta mil per jam (2,9 juta kilometer per jam).

Baca juga: Penjelasan BRIN soal Benda Asing yang Menyala di Langit Lampung

Dampak badai Matahari pada Bumi

Lantaran letak Matahari berada pada galaksi yang sama dengan Bumi, fenomena badai Matahari tidak begitu terasa atau kentara bagi penduduk Bumi.

Di planet dengan medan magnet yang kuat seperti Bumi, rentetan puing-puing matahari ini akan terserap dan hanya memicu badai geomagnetik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.