Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TREN] Cara Mendapatkan Uang Rupiah Bersambung BI

Kompas.com - 31/07/2022, 05:00 WIB
Rendika Ferri Kurniawan

Penulis

KOMPAS.com – Berita terpopuler Tren hingga Minggu (31/7/2022) pagi adalah keluaran uang rupiah khusus (URK) dari Bank Indonesia (BI).

URK ini berupa uang kertas dari nominal Rp 1.000 hingga Rp 100.000 yang belum dipotong atau bersambung.

Kemudian artikel mengenai kelemahan yang dimiliki oleh para pemilik otak yang cerdas. Meski memiliki IQ di atas rata-rata, tetapi terdapat kekurangan.

Viral, sebuah video penumpang kereta api yang belum booster tak mau diturunkan dari kereta api. Pihak KAI memberikan penjelasannya.

Terakhir soal video viral penampakan bintang berjajar di langit di gunung Semeru. Peneliti BRIN memberikan penjelasan terkait fenomena tersebut.

Berikut berita terpopuler Tren selengkapnya:

1. Cara mendapatkan uang bersambung BI

Bank Indonesia (BI) mengeluarkan uang rupiah khusus (URK) berupa lembaran uang kertas berbagai nominal yang belum dipotong atau bersambung.

Uang ini disebut sebagai Uang Bersambung atau Uncut Banknote. Terdiri dari 2 atau 4 lembar uang kertas nominal Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000 tahun emisi 2016.

Bagaimana cara mendapatkannya?

2. Kelemahan pemilik otak cerdas

Banyak keuntungan ketika kita memiliki otak cerdas, apalagi memiliki tingkat kecerdasan yang jauh di atas rata-rata.

Dilansir dari Scientific American, orang dengan hasil tes IQ di atas rata-rata atau digolongkan ke dalam manusia cerdas biasanya akan memiliki kesuksesan yang dimulai dari bangku sekolah hingga ke ruang-ruang kerja.

Bahkan meski belum bisa menyebutkan kaitan khususnya, para ahli juga menyebutkan bahwa golongan otak cerdas ini juga cenderung hidup lebih lama, memiliki kualitas hidup yang baik alias sehat, dan berisiko kecil mengalami kepahitan seperti susah mencari kerja atau bangkrut.

3. Video viral penumpang tak booster enggan turun dari kereta

Unggahan video bernarasi penumpang kereta api (KA) tidak mau diturunkan padahal belum melakukan vaksin Covid-19 booster, viral di media sosial.

Video viral itu salah satunya diunggah oleh akun Instagram ini yang bersumber dari akun ini, Sabtu (30/7/2022).

"Lagi sakit, belum buuster, datang ke stasiun 10 menit sebelum keberangkatan, diminta turun baik² tidak mau, ngeyel banyak alasan ndak tau aturan dst. Alhasil kereta delay 17 menit keberangkatan. Stasiun Purwokerto," tulisnya.

Dalam video, tampak penumpang KA tersebut beradu argumen dengan dua petugas pengamanan.

4. Kata BRIN soal bintang berjajar langit Semeru

Unggahan video yang memperlihatkan jajaran benda bercahaya mirip bintang melintasi langit dekat Gunung Semeru, Jawa Timur, viral di TikTok, pada Kamis (28/7/2022).

Hingga Sabtu (30/7/2022), video tersebut telah ditonton lebih dari 484.000 pengguna TikTok.

Disebutkan video tersebut diambil dari titik pengamatan di Desa Mulyoasri, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Kamis (21/7/2022) hingga Minggu (24/7/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com