Suara Pembacaan Teks Proklamasi Ternyata Tak Direkam Saat Proklamasi, Lantas Kapan?

Kompas.com - 30/07/2022, 18:45 WIB

KOMPAS.com - Rekaman suara pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) selalu santer terdengar menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) RI setiap tahunnya.

Teks proklamasi pertama kali dibacakan oleh Presiden RI pertama, Soekarno, berdampingan dengan wakilnya, Mohammad Hatta, pada Jumat, 17 Agustus 1945.

Dalam rekaman, terdengar jelas suara ikonik Bung Karno yang tengah membacakan teks proklamasi.

Namun, apakah rekaman tersebut memang dilakukan langsung saat Bung Karno membacakan teks proklamasi di tanggal 17 Agustus 1945?

Ternyata, rekaman penuh sejarah tersebut tak diambil langsung bertepatan dengan pembacaan proklamasi untuk pertama kali.

Mengapa demikian? Lantas, kapan rekaman tersebut diambil?

Baca juga: Sejarah Kelam di Balik Lomba Makan Kerupuk

Berkat paksaan Jusuf Ronodipuro

Sejarawan dan pendiri Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali mengatakan, suara proklamasi tidak direkam saat proklamasi berlangsung.

"Suara proklamasi itu tidak direkam saat proklamasi tanggal 17 Agustus 1945," ujar Asep, ketika dikonfirmasi Kompas.com pada Sabtu (30/7/2022).

Ia mengatakan, rekaman tersebut justru diambil antara tahun 1950 atau 1951 atas inisiatif Jusuf Ronodipuro.

Jusuf Ronodipuro adalah seorang mantan pegawai radio Jepang sekaligus salah satu pendiri Radio Republik Indonesia (RRI).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.