Jogja Gelar Malioboro Fashion Week Bertema Kebaya, Begini Tanggapan Pemda

Kompas.com - 25/07/2022, 18:30 WIB

 

KOMPAS.com - Fenomena pamer gaya berbusana di jalanan atau urban street fashion layaknya Citayam Fashion Week ternyata meluas pula ke daerah lain, salah satunya merambah Yogyakarta.

Di Kota Budaya ini, orang-orang khususnya kaum wanita beramai-ramai mengenakan setelan kebaya dan batik, kemudian menyeberangi jalan yang ada di kawasan titik 0 Km Malioboro.

Kegiatan itu diketahui melalui salah satu video yang beredar di media sosial salah satunya di akun Instagram @areajogja.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by YOGYAKARTA (@areajogja)

Sejumlah perempuan dewasa, tampil anggun dalam balutan warna-warni baju kebaya.

Ada yang tampil dengan gaya tradisional, namun tak sedikit yang memadupadankan kebaya dengan item fesyen lain seperti tas dan sepatu boots, sehingga menghasilkan penampilan yang lebih modern.

Tak seperti kegiatan serupa di kota-kota lain yang banyak mendapat cibiran, urban street fashion Jogja yang dijuluki Malioboro Fashion Week ini justru mendapat banyak dukungan dari warganet.

"Jujur aku ngeliatnya sampai berkali-kali, mungkin karena terlihat jauh lebih menarik, mengikuti trend tanpa harus meninggalkan identitas daerahnya," komentar sebuah akun.

"Ini lebih bagus dan berbudaya. Yg penting tetap menjaga kebersihan sekitarnya dan jangan sampai terjadi kemacetan nantinya. Support!" tulis yang lain.

Baca juga: Citayam Fashion Week Didaftarkan Baim Wong sebagai Merek, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

Terkait fenomena ini, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta pun memberikan apresiasi, karena mengangkat kebudayaan lokal yakni dengan mengenakan batik dan kebaya.

"(Pemda DIY) Mengapresiasi, karena kegiatan tersebut termasuk dalam rangka mempromosikan kebaya sebagai warisan budaya asli Indonesia," kata Kepala Bagian Humas Pemda DIY, Ditya Aji, saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.