Ramai soal Balita Pakai Behel, Kapan Usia Tepat Bisa Pakai Behel?

Kompas.com - 25/07/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Sebuah video menampilkan seorang anak perempuan yang masih berusia balita memiliki gigi bagian bawah yang dipasang kawat atau behel.

Video ini tersebar luas di berbagai platform media sosial. Namun, video berdurasi singkat tersebut diketahui pertama kali diunggah oleh salah satu akun TikTok pada Sabtu (23/7/2022).

Dalam video, terlihat anak tersebut membuka mulutnya sehingga deretan gigi bagian bawahnya terlihat dengan jelas.

Yang mengundang banyak respons netizen, gigi tersebut nampak dipasang behel. Tak heran, banyak komentar masuk dengan nada mengecam.

"Bahaya itu kak, karna gusi blm kuat. Lagian kan gigi anak di bawah usia 5 tahun masih akan copot terus tumbuh lagi," tulis salah satu akun.

"Kok is anak kecil dikasihin pake behel. Ini masang di mana. Kok dokter giginya gak ngelarang sii," tulis akun yang lain.

Hingga Senin (25/7/2022) pukul 11.00 WIB, video TikTok ini sudah ditonton 7,3 juta kali dan mendapat 13,4 ribu komentar.

Lantas bagaimana penjelasan ahli terhadap kasus ini? Mulai usia berapa anak bisa aman pakai behel?

Baca juga: Unggahan Viral Gigi Balita Dipasangi Behel, Ini Tanggapan Dokter

Dewan Penasehat Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), drg. RM Sri Hananto Seno, Sp.BM(K), MM menjelaskan hal itu nampak tidak lumrah dilakukan.

Pasalnya, tindakan pemasangan kawat gigi umumnya dilakukan kepada orang yang gigi permanennya sudah tumbuh lengkap, sementara anak-anak, apalagi yang usianya masih di bawah 5 tahun, giginya merupakan gigi susu yang masih akan tanggal atau lepas.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.