Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Lebih Dekat Mengenal Bakso

Kompas.com - 07/07/2022, 05:50 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PADA pertengahan tahun 2022 mendadak popularitas bakso meroket. Bakso menjadi bahan pembicaraan masyarakat mulai dari pemulung sampai presiden.

Sebelum secara baksomologis saya lanjut menulis tentang bakso perlu terlebih dahulu disepakati apa sebenarnya arti kata bakso.

Kamus Besar Bahasa Indonesia memaknakan bakso sebagai makanan terbuat dari daging, udang, atau ikan yang dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, yang biasanya dibentuk bulat-bulat.

Secara etimologis nama bakso berasal dari bahasa Hok-kien: Bak-So yang berarti daging babi giling.

Beda bakso Indonesia dengan bakso China dalam hal kuah yang lebih berlimpah dan bentuk bakso China lazimnya tidak bulat.

Di Indonesia ada pula roti bakso yang berisi daging giling. Sementara bakso gepeng tidak berbentuk bulat.

Segenap fakta itu membuktikan bahwa pada hakikatnya bakso merupakan jenis makanan bukan monopoli bangsa Indonesia sebab terbukti sudah mengglobal.

Saya pribadi termasuk penggemar bakso terutama jika dicampur dengan mie dan kuah sehingga menjadi mie bakso.

Bakso Italia alias polpetta juga saya gemari sama halnya dengan albondiga sebagai bakso Spanyol.

Di restoran Roof Mezze 360, Hotel Seres Old City di dekat Istana Topkapi, Istanbul, saya sempat menikmati lezatnya koefte sebagai bakso Turki sambil menghayati pesona panorama legendaris selat Bosporus.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.