Kompas.com - 04/07/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Umat muslim yang ingin menunaikan ibadah haji pada umumnya perlu mengantre bertahun-tahun untuk bisa berangkat ke Tanah Suci.

Antrean yang lama ini disebabkan oleh banyaknya umat yang mendaftar namun kuota yang diberikan Pemerintah Arab Saudi terbatas setiap tahun atau setiap musim haji.

Namun, bagi umat muslim yang ingin bisa segera menunaikan rukun Islam kelima ini, ada cara yang bisa ditempuh. Yakni mengambil program haji cepat, di mana calon jemaah tidak perlu mengantre lama alias waktu tunggunya relatif jauh lebih singkat.

Program haji cepat itu ada dua, Haji Furoda atau Haji Muamalah dan Haji Khusus atau Haji Plus.

Apa perbedaan di antara kedua program haji tersebut?

Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Pengawasan Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, M. Noer Alya Fitra menjelaskan setidaknya ada 3 perbedaan mendasar antara Haji Furoda dengan Haji Plus.

Berikut adalah ketiga perbedaan tersebut:

1. Dasar pemberangkatan

Perbedaan pertama dan paling utama terletak pada ketentuan pemberangkatannya.

Noer Alya yang biasa disapa Nafit itu menjelaskan Haji Plus atau Haji Khusus menggunakan kuota haji yang dimiliki oleh pemerintah, yang mana jumlah kuota tersebut merupakan hasil keputusan Kerajaan Arab Saudi.

"Haji Khusus itu menggunakan kuota nasional dari Pemerintah Saudi ke Pemerintah Indonesia, sementara Haji Furoda menggunakan nonkuota resmi pemerintah," kata Nafit kepada Kompas.com, Senin (4/7/2022).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.