Kompas.com - 18/06/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Menghadapi gelombang infeksi Covid-19 akibat virus varian Omicron subvarian BA.4 dan BA.5, ahli mengimbau agar masyarakat melakukan suntik vaksin dosis lanjutan atau booster dengan menggunakan vaksin berbasis mRNA.

Imbauan itu disampaikan oleh praktisi public health security sekaligus epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman.

Bukan tanpa alasan, Dicky menyebut vaksin berbasis mRNA memiliki efektivitas yang paling tinggi dalam menghadapi varian-varian Omicron jika dibandingkan dengan vaksin berbasis protein subunit, virus yang dimatikan (inactivated virus), atau viral vector.

"Update data efikasi vaksin dari riset yang dimuat di Nature menunjukkan bahwa merespons subvarian Omicron apalagi BA.4 BA.5 maka booster vaksinasi dengan mRNA (Pfizer atau Moderna) jadi sangat penting," kata Dicky kepada Kompas.com, Jumat (17/6/2022).

Saat ini, cakupan dosis vaksin booster di Indonesia baru mencapai 23,1 persen sasaran atau sekitar 48,7 juta orang yang menerimanya.

Baca juga: Diperkirakan Puncak Kasus 20.000 Per Hari, Ini Cara Mencegah Penyebaran Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5

Menghadapi gelombang infeksi subvarian BA.4 dan BA.5, Dicky berharap cakupan vaksinasi dosis ketiga di Tanah Air sudah bisa mencapai angka 50-70 persen.

"Mengejar cakupan dosis 3 sampai setidaknya 50 persen di populasi umum dan 70 persen di populasi rawan/berisiko," ujar dia.

Di Indonesia sendiri, vaksinasi booster menggunakan beragam jenis vaksin, tak hanya vaksin yang berbasis mRNA.

Dengan melihat data efikasi terbaru yang dipublikasikan, maka Dicky menyarankan agar ke depannya pemerintah hanya menggunakan vaksin berbasis mRNA saja.

"Saya sarankan booster dengan mRNA saja sesuai data riset efikasi vaksin terakhir," ungkapnya.

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.