Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan BRI soal Unggahan Viral Sistem Baru Transfer ke Bank Lain Dikenai Biaya Rp 105.000/Bulan

Kompas.com - 11/06/2022, 06:05 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto angkat bicara perihal unggahan viral warganet terkait pemberitahuan dari pihak yang mengaku Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan menginformasikan sistem baru soal biaya transfer ke bank lain.

Pihaknya menegaskan tidak ada sistem transfer baru seperti yang disebutkan dalam unggahan yang viral di media sosial tersebut.

"Hal ini dipastikan tidak benar," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (9/6/2022).

Baca juga: Ramai soal Biaya Tarik Tunai dan Cek Saldo Bank BUMN Dikenai Biaya per 1 Juni, BRI: Tidak Benar

Diketahui, belum lama ini beredar unggahan informasi perihal sistem transfer baru di BRI ke bank lain yang dikenai potongan biaya Rp 105.000 per bulan.

Aestika menegaskan, BRI hanya menggunakan saluran resmi website sebagai media komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat.

Saluran resmi BRI tersebut, diantaranya yakni laman www.bri.co.id, Instagram @bankbri_id, Twitter @bankbri_id, Facebook @Bank BRI, dan YouTube @Bank BRI.

Baca juga: Link Pengumuman Hasil Rekrutmen BUMN 2022 Malam Ini Pukul 21.00 WIB!

Pentingnya kerahasiaan data pribadi

Pihaknya mengimbau kepada nasabah agar lebih berhati-hati dan tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI.

"Termasuk PIN, nomor rekening, nomor kartu, user dan password internet banking, OTP, dan sebagainya, melalui tautan atau website tidak resmi," tegasnya.

Selain itu, ia juga meminta seluruh nasabah untuk waspada kepada segala bentuk modus penipuan dan kejahatan perbankan.

"Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi kantor BRI terdekat atau menghubungi call center BRI 14017/1500017," tandasnya.

Baca juga: Viral, Twit soal Ibu Hamil Kelelahan Naik Turun Tangga di Stasiun Cakung, Ini Kata KAI

Viral di medsos

Sebagaimana diberitakan, unggahan perihal sistem baru transfer BRI ke bank lain tersebut salah satunya diunggah oleh akun Facebook ini pada 11 Maret 2022.

Pemilik akun diinformasikan bahwa selama ini setiap kali melakukan transfer ke bank lain, selain BRI, dikenakan biaya Rp 6.500.

Namun, dengan adanya sistem baru, pihak BRI disebutkan tidak akan memotong biaya setiap kali transfer, melainkan biayanya dipotong Rp 105.000 setiap bulan.

Baca juga: Jadwal Pengumuman dan Link untuk Memantau Hasil TKD BUMN 2022

"Lalu saya complain/ tidak terima dgn sistem yg baru ini. Lalu BRI yg tlpn saya pun berkata-kata kami akan mentidak setujui keinginan bapak. Dgn sistem yg baru ini. Kami akan kirim link/ website nya di chat wa nti. Ketika kami menyapa bapak di chat wa kami, saya harap bpk menyapa balik, walau pun dengan 1 huruf saya. Dgn begitu kami akan mengirimkan Link/website nya," tulis pengunggah.

Pengunggah pun mulai curiga dan memutuskan untuk mendatangi kantor BRI terdekat dari rumahnya untuk mencari tahu kebenarannya.

"Pihak BRI mengatakan pada saya, syukur bapak tdk membalas 1 huruf kan kpd mereka. Karena kalau bapak balas, uang bpk otomatis masuk ke rek mereka. Karena ini bersifat penipuan," lanjut pengunggah.

Baca juga: Diumumkan Hari Ini, Berikut Link Hasil TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama BUMN 2022

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Cara Tarik Tunai di ATM Tanpa Kartu untuk BRI, BCA, dan BNI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com