Kompas.com - 25/05/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Gigi geraham bungsu yang sedang tumbuh seringkali menimbulkan masalah, salah satunya adalah munculnya rasa sakit dan nyeri yang luar biasa. 

Gigi bungsu adalah gigi geraham terakhir yang terletak paling belakang.

Gigi geraham bungsu umumnya tumbuh di usia remaja atau dewasa, yaitu sekitar usia 17–25 tahun.

Baca juga: Cara Meredakan Sakit Akibat Gigi Bungsu Tumbuh

Berikut 5 fakta yang perlu diketahui saat gigi geraham bungsu Anda tumbuh.

1. Apa itu gigi geraham bungsu

Dokter spesialis ortodontis di Difa OHC, drg. Adianti mengatakan, geraham bungsu adalah gigi geraham yang tumbuhnya paling akhir.

"Disebut wisdom tooth karena biasanya akan keluar di saat usia 18 tahun ke atas (bervariasi) di mana seharusnya seseorang sudah lebih wise (bijak)," ujar Adianti saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/5/2022).

Seperti gigi-gigi lain yang akan tumbuh, Adianti menambahkan, pasti ada rasa tidak nyaman atau nyeri pada sebagian orang.

Bahkan, rasa nyeri itu sampai membuat seseorang tidak bisa beraktivitas.

Terkait lokasinya, gigi bungsu atau gigi geraham ketig yang tumbuh di kedua sisi mulut, bagian rahang atas dan rahang bawah.

Jenis gigi ini biasanya tumbuh pada orang dewasa hingga berusia 21 tahun atau lebih.

2. Tanda-tanda tumbuh gigi geraham bungsu

Dilansir dari situs Rocky Mountain Periodontal, (4/6/2020), ada beberapa gejala tau tanda-tanda saat gigi geraham bungsu Anda akan tumbuh.

  • Iritasi pada gusi

Anda mungkin merasa sedikit iritasi dan melihat pembengkakan pada gusi di daerah di belakang gigi geraham kedua.

  • Sakit dan nyeri

Pertumbuhan gigi bungsu sering menyebabkan nyeri tumpul di dekat bagian belakang rahang yang bagi sebagian orang dapat berubah menjadi rasa sakit yang lebih sering dan lebih terasa.

  • Nyeri di area lain

Gigi bungsu terkadang memberi tekanan pada saraf dengan cara yang menyebabkan rasa sakit di sekitar rahang, mata, dan telinga.

  • Kemerahan

Gusi yang berada di atas gigi bungsu sebelum tumbuh dapat berubah menjadi merah atau merah muda gelap saat gigi mulai tumbuh.

  • Bintik putih kecil

Bintik putih kecil yang muncul di belakang gigi geraham kedua Anda adalah tanda yang jelas bahwa gigi bungsu Anda mulai tumbuh. Bintik putih sebenarnya adalah bagian atas gigi baru Anda yang menembus garis gusi.

Jika Anda merasakan gejala atau tanda-tanda seperti yang dijelaskan di atas, Anda perlu datang ke fasilitas kesehatan untuk melakukan rontgen gigi.

Secara khusus, sinar-X panoramik yang menangkap semua gigi dan rahang dalam satu gambar dapat mengungkapkan posisi gigi bungsu Anda dan jika gigi tersebut hampir tumbuh.

Dengan rontgen, Anda juga bisa mengetahui apakah gigi geraham bungsu Anda tumbuh ke arah yang baik atau berpotensi menabrak gigi depannya.

Baca juga: Gigi Bungsu

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.