Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Kelirumologi Cleopatra

Kompas.com - 23/05/2022, 06:10 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SEJARAH adalah masa lalu yang dikisahkan kembali secara lisan mau pun tulisan oleh mereka yang berkuasa, maka potensial menjadi bahan telaah kelirumologis.

Sejarah Cleopatra ditulis oleh seorang filosof Romawi keturunan Yunani bernama Lucius Mestrius Plutarchus yang lebih dikenal sebagai Plutarch menjadi sumber utama para mahasastrawan selanjutnya termasuk Shakespeare yang kemudian disimpul-simpulkan oleh masyarakat awam termasuk oleh sutradara legendaris Joseph L. Mankiewicz di dalam film Cleopatra.

Film kolosal garapan Mankiewicz tersebut sempat menjadi film termahal sepanjang sejarah perfilman dengan dua mahabintang Elisabeth Taylor dan Richard Burton berperan sebagai Cleopatra dan Markus Antonius berdasar buku The Life and Times of Cleopatra karya Carlo Maria Franzero.

Berbagai kekeliruan tampil pada sosok Cleopatra yang kini kita kenal antara lain anggapan bahwa cuma ada satu Cleopatra.

Dapat diyakini bahwa Cleopatra bukan cuma satu-satunya sebab Cleopatra yang pacaran dengan Marcus Antonius adalah Cleopatra VII dengan nama lengkap Cleopatra VII Thea Philopator.

Bahwa Cleopatra yang kita kenal adalah yang ke tujuh, berarti masih ada Cleopatra lain-
lainnya.

Cleopatra VII disebut sebagai Ratu Mesir, tetapi sebenarnya bukan orang Mesir, namun Makedonia yang memang menjajah Mesir.

Dinasti Makedonia menguasai Mesir sejak Mesir ditaklukan oleh Iskandar Agung yang memang berasal dari Makedonia.

Cleopatra VII tersohor cantik jelita padahal berdasar beberapa mata uang logam yang menampilkan wajah Cleopatra VII dapat disimpulkan sebenarnya biasa-biasa saja atau minimal tidak secantik wajah Elisabeth Taylor.

Cleopatra VII tersohor menjalin asmara dengan Markus Antonius, padahal sebelumnya sudah pacaran dengan Julius Caesar sampai ikut ke Roma serta mengandung seorang bayi yang kemudian diberi nama Caesarion.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.