Kompas.com - 22/05/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Kesepian adalah bentuk emosi yang susah didefinisikan, bahkan oleh para ahli sekalipun.

Terutama, mengenai penyebab dan kapan waktu terjadinya.

Karena dilansir dari Stylist, kesepian bisa sembuh begitu saja dan datang kapan saja tanpa seseorang tahu mengapa.

Kesepian juga bisa menghampiri kita meski sebenarnya kita tengah berada di tengah-tengah kerumunan banyak orang, baik di lingkungan kerja atau di acara keluarga yang sebenarnya berjalan hangat.

Adenekan Oyefeso, psikolog dari aplikasi terapi online Livi mengatakan, meski susah dicari tahu definisinya, namun para ahli yang meneliti bentuk emosi ini sudah menemukan satu gambaran besar mengenai apa yang sebenarnya tengah terjadi di dalam otak ketika seseorang merasa kesepian.

Oyefeso mengatakan, "Ada perbedaan besar antara kesepian dan isolasi sosial. Kesepian adalah emosi yang bisa dirasakan meski kita tengah berada di antara banyak orang. Sedangkan isolasi sosial adalah sepi yang terjadi karena tak adanya kontak sosial atau minim kontak sosial."

Baca juga: Kesepian Bisa Membunuhmu

Kondisi otak ketika kita kesepian

Masih dari sumber yang sama, Oyefeso mengatakan bahwa ketika emosi kesepian datang, ada tiga area di dalam otak yang terpengaruh. Yaitu hippocampus, amygdala, dan prefrontal cortex.

Hippocampus adalah area yang mengatur respons terhadap stres. Dalam penelitian diketahui, orang dengan lingkaran sosial kecil memiliki level hormon stres, kortisol, cukup tinggi.

Sedangkan amygdala, adalah area otak yang bekerja memproses dan membentuk ingatan. Dan dalam penelitian, orang dengan lingkaran sosial besar dan sibuk, memiliki area amygdala yang jauh lebih luas.

Kemudian prefrontal cortex, adalah area otak yang mengontrol perilaku bersosial, kemampuan memutuskan sesuatu, dan kemampuan menyimpan kenangan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.