Kompas.com - 24/03/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Berbagai lowongan pekerjaan dari perusahan terpercaya biasanya mencatatkan syarat adanya pengalaman bekerja.

Namun bagaimana dengan fresh graduate atau lulusan baru yang tentu saja sebagian besar belum memiliki pengalaman karena belum pernah bekerja?

Beberapa lowongan pekerjaan memang diperuntukkan bagi fresh graduate, namun sebagian besar lagi diperuntukkan oleh yang sudah memiliki pengalaman kerja.

Nah, ternyata tanpa mengantongi pengalaman pun, lulusan baru ini tetap bisa mencari pekerjaan yang potensial meski harus bersaing dengan para pelamar kerja yang sudah memiliki pengalaman kerja sekalipun.

Bagaimana caranya? Berikut ini tips melamar kerja bagi pemula atau fresh graduate yang nol pengalaman kerja:

Baca juga: Kisah Mat Rona, Driver Lulusan SD, Cari Kerja di LinkedIn Dibantu Ratusan Warganet

1. Tonjolkan prestasi akademik

Dilansir dari Career Sidekick, jika belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa memasukkan prestasi akademik di dalam resume atau surat lamaran kerja.

Anda bisa memasukkan proyek di dalam kelas, presentasi, beasiswa, dan pengalaman dalam  berorganisasi di dalam dan di luar lingkungan kampus semisal keikutsertaan dalam Pers Mahasiswa, pecinta alam dan masih banyak lagi. 

Tunjukkan pengalaman Anda tersebut dalam sesi wawancara kerja untuk menyampaikan bahwa Anda bisa bekerja di dalam tim.

Di dalam resume, Anda bisa menambahkan kemampuan public speaking, kepemimpinan, dan multitasking berdasar pengalaman Anda berorganisasi.

2. Ambil kursus untuk mendapatkan sertifikat

Sertifikat dari berbagai kursus singkat bisa menggantikan poin pengalaman kerja. Anda bisa mengikuti kursus online atau offline.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.