Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Simak Mitos-Mitos Ibu Hamil di Indonesia

Kompas.com - 16/03/2022, 15:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Dalam keseharian, masyarakat tradisional Indonesia masih mengedepankan kebudayaan di tiap aspek kehidupan. Budaya ini salah satunya adalah mitos-mitos yang dipercaya masyarakat.

Mitos-mitos yang terus dilakukan ini kebanyakan digunakan untuk menghindari bala. Hal ini dianggap penting terutama pada masa-masa krusial, seperti kehamilan yang dinilai memiliki risiko besar.

Salah satu mitos pada masa kehamilan dapat ditemukan pada kisah Ratna dalam siniar Tinggal Nama bertajuk, “Mitos Perlundangan Ibu Hamil Membawa Gunting” di Spotify. Ratna dikatakan kerap membawa gunting ke mana pun ia pergi ketika hamil sebagai upaya penjagaan.

Mitos-mitos seperti yang Ratna lakukan tidak sepenuhnya salah, namun orang dahulu terkesan menyingkat berbagai larangan atau kepercayaan dalam satu kalimat. Hal itu menyebabkan pemahamannya cukup terbatas.

Di Indonesia sendiri, mitos ini terus diwariskan bersamaan dengan pengetahuan akan esensinya. Selain itu, terdapat pula larangan dan konsekuensinya.

Baca juga: Hal yang Dapat Dilakukan Saat Kondisi Mental Buruk

Menurut Rofi’i dalam prosidingnya, melakukan perilaku atau kebiasaan yang dilarang pada masa kehamilan dipercaya berdampak buruk. Seperti keguguran, "pindahnya" bayi yang dikandung, sulit melahirkan, membludaknya air ketuban, kecacatan pada bayi, tak tentunya waktu lahir, hingga bayi diambil oleh dukun.

Agar makin tahu, berikut adalah beberapa mitos ibu hamil yang berkembang di Indonesia.

Tidak boleh bepergian jauh atau ke tempat umum saat hamil tua

Jika bepergian jauh, mitosnya bayi akan keluar lebih cepat dari waktunya. Selain itu, ada beberapa mitos di Jawa yang malah melarang ibu hamil pergi ke tempat umum.

Memang benar jika bepergian jauh dan ke tempat umum saat hamil besar, tentu memiliki risiko. Namun bukan berarti akan selalu berbahaya.

Bepergian jauh sebaiknya dilakukan pada trimester kedua, yaitu saat usia janin di antara 14–28 minggu. Hal ini disebabkan karena bepergian saat hamil tua bisa membahayakan si ibu ketika mendekati tanggal persalinan.

Namun, menurut mitos, dikhawatirkan si jabang bayi akan pindah ke rahim ibu yang tidak bisa punya anak. Hal ini dipercaya sebagai ulah dari dukun setempat.

Larangan tidak boleh makan di depan pintu

Mitos ini dikatakan bisa menyebabkan bayi susah lahir karena si ibu menghalangi pintu keluar. Padahal sebenarnya, mitos ini bertujuan agar ibu menjaga perilakunya.

Baca juga: Operasi Caesar: Indikasi, Risiko, Mitos, Kelebihan dan Kekurangannya

Adab makan bagi sebagian besar budaya di tiap daerah di Indonesia sangat dijunjung. Oleh karena itu, mitos ini ada untuk menjaga calon ibu dari kebiasaan perilaku buruk agar tak menurun kepada sang anak.

Tidak boleh merendam baju dan mandi lewat waktu petang

Kedua mitos ini beredar dengan dalih dapat menyebabkan air ketubannya menjadi banyak. Padahal, mitos ini ditujukan agar ibu menjaga dirinya dari pekerjaan yang terlalu berat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com