Kompas.com - 19/01/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Ada sekitar 3000 spesies ular yang tersebar di seluruh dunia kecuali di Antartika, Islandia, Irlandia, Greenland, Hawaii, Vatikan dan Selandia Baru.

Melansir dari National Geographic, dari 3000 spesies ular ini, 600 di antaranya adalah ular berbisa.

Dan sekitar 200 spesies atau tujuh persen dari keseluruhan spesies ular, memiliki bisa sangat mematikan hingga bisa membunuh manusia.

Ular tersebar di mana-mana, dari dataran tinggi hingga di dalam air atau perairan. Namun di beberapa kawasan bumi seperti yang disebutkan di atas, tak dihuni ular sama sekali atau nol populasi.

Baca juga: Mengenali Ciri Ular Berbisa dan Langkah Penanganan Gigitan Ular yang Tepat

Mengapa beberapa kawasan bumi tak dihuni ular

Ular sudah hidup di muka bumi selama ribuan tahun. Dan ular menyelinap kemana saja mereka mau, kecuali ke beberapa sudut bumi tertentu.

Ada banyak alasan mengapa ular tak mau datang, menetap dan berkembang biak di beberapa sudut bumi tersebut. 

Selain pinguin, tak banyak binatang yang bisa bertahan hidup di suhu dingin Antartika termasuk ular.SHUTTERSTOCK/sirtravelalot Selain pinguin, tak banyak binatang yang bisa bertahan hidup di suhu dingin Antartika termasuk ular.
Yang pertama, adalah karena alasan cuaca dan suhu udara. Ular sendiri adalah hewan berdarah dingin yang membutuhkan ekosistem dengan suhu hangat tertentu agar mereka bisa menstabilkan suhu tubuhnya.

Ketika harus tinggal di Antartika, ular tak bisa mempertahankan suhu tubuhnya dengan stabil sehingga tak bisa bertahan hidup.

Melansir dari Pop Science, tak banyak hewan yang bisa bertahan hidup di ekosistem bersuhu minus derajat celcius seperti di dekat kutub, termasuk ular.

Itulah sebabnya, tak ada habitat ular ditemukan di wilayah-wilayah dingin yang berdekatan dengan kutub seperti di Arktika.

Baca juga: Ciri-ciri Ada Ular di Dalam Rumah

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.