Kompas.com - 07/01/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Memiliki taman di rumah merupakan idaman pemilik rumah.

Taman yang cantik bisa membuat nyaman pemilik rumah, sekaligus memperlancar sirkulasi udara di lingkungan rumah.

Taman tidak selalu untuk rumah yang memiliki halaman yang luas saja, tetapi juga untuk mereka yang tinggal di rumah mungil atau minimalis.

Berikut tips membuat taman di rumah minimalis:

Baca juga: Segera Bikin Taman Kecil di Jendela, Ini 5 Manfaatnya

Tips membuat taman di rumah

Mengutip pemberitaan Kompas.com, (12/5/2019), ada 8 referensi penataan tanaman agar menarik dan terlihat asri pada rumah Anda.

  1. Teras depan untuk menyimpan pot
    Anda dapat menyulap halaman depan rumah sebagai lahan hijau. Jika ukurannya dirasa kurang besar, tidak ada salahnya mengambil sedikit ruang dari teras untuk menempatkan beberapa pot tanaman.
  2. Kombinasi Hardscape dan rumput
    Jika tidak menginginkan seluruh bagian taman ditanami oleh rumput, Anda bisa mengombinasikannya dengan plat semen. Selain itu, alternatif lainnya bisa juga menggunakan grass block dengan motif yang beragam.
  3. Tanaman kecil pada bagian pinggir taman
    Halaman belakang rumah terkadang dijadikan sebagai area untuk menjemur pakaian. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak menaman tanaman pada taman minimalis di belakang rumah. Sebaiknya, kosongkan bagian tengah taman, dan perbanyak menanam tanaman kecil pada bagian pinggir.
  4. Satu pohon saja cukup
    Salah satu fungsi dari taman dalam rumah adalah untuk menambah pencahayaan. Jadi, jangan membuat taman minimalis dalam rumah terlihat seperti hutan. Menanam satu pohon pun sudah cukup.
  5. Lampu taman di bagian tengah taman
    Meskipun memilki rumah mungil, jangan gunakan semua lahan sebagai bangunan. Sisakan sedikit ruang pada bagian depan untuk area hijau.Jangan lupa menambahkan lampu taman untuk penerangan tambahan pada malam hari.
  6. Percantik dengan dinding bata putih
    Nilai estetika dari taman rumah minimalis mungil juga bisa Anda tingkatkan dengan permainan pola dan warna pada dinding di sekitar taman. Salah satu contohnya adalah dinding bata putih yang dapat memberikan kesan gaya skandinavia.
  7. Menanam secara vertikal
    Karena ukurannya sangat mungil, Anda bisa menanam tanaman secara vertikal ke atas atau menempelkannya pada dinding taman minimalis.
  8. Menggunakan konsep kering
    Mengingat ukuran taman minimalis yang Anda miliki tidak terlalu luas, konsep taman kering dengan batu kerikil dan tanaman dalam pot sangat cocok. Konsep taman kering tidak akan membuat rumah menjadi kotor akibat percikan lumpur saat hujan.

Baca juga: Lantai Rumah Menggelembung: Penyebab, Cara Mencegah, dan Memperbaiki

Perhatikan aliran udara dan air

Sekretaris Jenderal Ikatan Arsitek Indonesia periode 2018-2021 Ariko Andikabina mengatakan, peletakkan taman sebaiknya disesuaikan dengan aliran udara dan aliran air.

"Penempatan (taman) sebaiknya pada tempat yang membuat aliran udara ke seluruh ruang dalam rumah dapat optimal," ujar Ariko, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/1/2022).

Dia menambahkan, perlu juga memperhatikan aliran air ketika hujan untuk menghindari genangan.

Selanjutnya, Ariko menjelaskan, lahan yang paling umum untuk dibuat spot taman adalah bagian depan bangunan, karena memanfaatkan garis sempadan.

Akan tetapi, kalau pemilik rumah menginginkan taman berada di dalam rumah, bisa saja, asalkan dikelola dengan baik dan bisa membuat rasa ruangan di dalam rumah lebih asri dan lega.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.