Kompas.com - 12/12/2021, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Jumlah wartawan yang dipenjara di seluruh dunia mencatat rekor pada tahun 2021.

Menurut laporan Comittee to Protect Journalists (CPJ) ada 293 wartawan yang dipenjara sepanjang 2021 di seluruh dunia.  Jumlah tersebut naik dari total revisi 280 pada tahun 2020.

Selain itu, 24 jurnalis tewas karena liputan mereka sepanjang tahun ini; 18 lainnya tewas dalam keadaan yang terlalu suram untuk menentukan apakah mereka adalah target spesifik.

Baca juga: Polisi Rampas Alat Kerja Wartawan dan Paksa Hapus Video, Kapolda Sulteng Minta Maaf

China terbanyak

China menempati posisi pertama selama tiga tahun berturut-turut sebagai negara yang paling banyak memenjarakan jurnalis, dengan 50 wartawan mendekam di balik jeruji besi.

Myanmar melonjak ke posisi kedua setelah tindakan keras kepada media, menyusul kudeta militer 1 Februari. Mesir, Vietnam, dan Belarus, masing-masing, melengkapi lima besar.

Polisi menangkap jurnalis Myanmar Now Kay Zon Nwe di Yangon, Myanmar, pada 27 Februari 2021, saat pengunjuk rasa mengambil bagian dalam demonstrasi menentang kudeta militer. AFP/Ye Aung Thu Polisi menangkap jurnalis Myanmar Now Kay Zon Nwe di Yangon, Myanmar, pada 27 Februari 2021, saat pengunjuk rasa mengambil bagian dalam demonstrasi menentang kudeta militer.

19 wartawan dibunuh sepanjang 2021

CPJ mencatat 19 jurnalis dibunuh karena liputan mereka per 1 Desember 2021.

Tiga jurnalis tewas tahun ini saat meliput dari zona konflik, dan dua lainnya tewas saat meliput protes atau bentrokan jalanan yang berubah menjadi mematikan.

Meksiko tetap menjadi negara paling mematikan di belahan bumi Barat bagi wartawan.

Tiga jurnalis dibunuh karena pemberitaan mereka, dan CPJ sedang menyelidiki enam pembunuhan lainnya untuk menentukan apakah hal itu terkait tugas jurnalistik.

Di India, tercatat empat orang jurnalis dibunuh karena liputan mereka. Sebagian terbunuh saat meliput aksi protes.

Baca juga: Kasus Pembunuhan Wartawan Marsal Harahap, Pelaku Kesal Sering Diberitakan Negatif oleh Korban

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.