Kompas.com - 07/12/2021, 07:00 WIB
Kodok beracun Rhinella marina atau kodok tebu menyerbu Taiwan. AFPKodok beracun Rhinella marina atau kodok tebu menyerbu Taiwan.

KOMPAS.com - Taiwan dikagetkan dengan temuan kodok-kodok beracun yang telah menyerbu wilayah persawahan di sana.

Melansir AFP, Senin (6/12/2021), para relawan dari Taiwan Amphibian Conservation Society setiap malam disibukkan dengan upaya menyisir keberadaan kodok-kodok itu di sawah.

Kodok diketahui merupakan simbol kemakmuran dan nasib baik di Taiwan. Amfibi berjenis kodok tebu itu ternyata merupakan spesies asing yang seharusnya tidak ada di Taiwan.

Kodok tebu berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, dan tercatat pernah menjadi spesies perusak di Australia dan Filipina.

Akan tetapi, kodok tebu belum pernah terlihat di Taiwan sampai beberapa minggu yang lalu, ketika seorang penduduk Kota Chaotun menemukan beberapa kodok besar di kebun sayurnya dan mengunggah foto kodok-kodok itu.

Peneliti amfibi di Lembaga Penelitian Spesies Endemik, Lin Chun-fu, menjelaskan alasan mengapa keberadaan kodok-kodok tebu ini perlu segera dikendalikan.

"Ukuran mereka sangat besar dan mereka tidak punya musuh alami di Taiwan," kata Lin.

Kodok menyebar di persawahan

Tak lama setelah foto kodok-kodok tebu diunggah di media sosial, sekelompok relawan dari Amphibian Conservation Society dikirim untuk menyelidikinya.

Pakar amfibi National Dong Hwa University, Yang Yi-ju mengungkapkan rasa kaget yang dialami oleh kelompok relawan begitu tiba di lokasi kodok itu ditemukan.

Mereka tiba di kebun sayur dan terkejut menemukan 27 kodok di sekitarnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.