Antisipasi Omicron, Ini Aturan Terbaru Karantina Perjalanan Internasional

Kompas.com - 30/11/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi karantina Covid-19, karantina dari luar negeri Shutterstock/Liudmyla GuniavaiaIlustrasi karantina Covid-19, karantina dari luar negeri

KOMPAS.com - Dunia berada dalam kekhawatiran baru, karena kemunculan varian Covid-19 Omicron.

Pasalnya, varian Omicron memiliki mutasi yang jauh lebih banyak dibandingkan Delta, varian yang menyebabkan lonjakan kasus di banyak negara beberapa bulan lalu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukkannya ke dalam kategori Variant of Concern (VoC) hanya 72 jam setelah adanya kasus pertama.

Banyak negara kemudian mengantisipasi adanya kasus varian Omicron dengan menutup pintu bagi pelaku perjalanan dari Afrika Selatan.

Selain menutup pintu bagi pelaku perjalanan dari tujuh negara, Indonesia juga mengubah aturan karantina bagi pelaku perjalanan internasional.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kemudian mengeluarkan Surat Edaran Nomor 23 Tahun 2021 untuk merespons merebaknya Omicron.

Bagaimana ketentuan terbaru karantina pelaku perjalanan internasional?

Baca juga: Waspada Varian Omicron, Ini Aturan Perjalanan Internasional Terbaru

Ketentuan karantina

Bagi pelaku perjalanan internasional diwajibkan menjalani karantina selama 7 hari dan melakukan tes PCR ulang.

Sementara Warga Negara Indonesia (WNI) yang berasal dari Afrika Selatan, Botswana, Hong Kong, Angola, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambique, Namibia, Eswatini, dan Lesotho harus menjalani karantina 14 hari.

Bagi warga negara asing (WNA) yang pernah mengunjungi negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari, tidak diizinkan memasuki wilayah Indonesia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.