Kompas.com - 29/11/2021, 18:00 WIB
Polisi berjaga saat para pelancing tiba untuk karantina di hotel Melbourne, Australia, 7 Desember 2020. Australia pada Minggu (28/11/2021) mengumumkan telah mendeteksi Covid-19 varian Omicron dari dua pendatang yang terbang dari selatan Afrika ke Sydney. AFP PHOTO/WILLIAM WESTPolisi berjaga saat para pelancing tiba untuk karantina di hotel Melbourne, Australia, 7 Desember 2020. Australia pada Minggu (28/11/2021) mengumumkan telah mendeteksi Covid-19 varian Omicron dari dua pendatang yang terbang dari selatan Afrika ke Sydney.

KOMPAS.com - Belanda mengonfirmasi 13 kasus Covid-19 varian Omicron pada Minggu (28/11/2021) malam.

Ketiga belas orang itu termasuk di antara 61 penumpang yang dinyatakan positif Covid-19 dan tiba di Amsterdam dengan dua penerbangan dari Afrika Selatan.

Laporan ini muncul ketika pembatasan lebih ketat mulai berlaku di Belanda, mengutip BBC.

Omicron pertama kali dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) oleh Afrika Selatan hari Rabu (24/11/2021).

Bukti awal menunjukkan bahwa varian tersebut memiliki risiko infeksi ulang yang lebih tinggi. WHO juga memasukkannya ke dalam katergori Variant of Concern (VoC).

Institut Nasional Belanda untuk Kesehatan Masyarakat mengatakan, penyeledikan belum selesai dan masih berpotensi adanya penambahan kasus yang berkaitan dengan Omicron.

Menteri Kesehatan Belanda Hugo de Jonge mendesak orang-orang yang telah kembali dari Afrika selatan untuk dites Covid-19 sesegera mungkin.

"Bukan tidak mungkin ada lebih banyak kasus di Belanda," kata de Jong.

Baca juga: Seperti Apa Bahaya Varian Omicron? Ini Kata Epidemiolog

Kronologi

Penerbangan oleh maskapai nasional Belanda KLM dari Johannesburg tiba pada Jumat (26/11/2021) pagi. Sebanyak 600 penumpang di dalamnya ditahan selama beberapa jam setelah tiba untuk dites Covid-19.

Para penumpang yang dipastikan memiliki Covid-19 telah dikarantina di sebuah hotel dekat bandara Schiphol.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.