Kompas.com - 09/11/2021, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Ramai di media sosial menyebut perempuan setelah melahirkan tidak boleh tidur siang, karena bisa membuat darah putih naik ke mata.

Beberapa warganet mempertanyakan informasi yang beredar tersebut:

"Siang bunda, maaf apa bener ya kalo baru melahirkan ga boleh tidur siang? ibu dan bumerku selalu larang karena takut darah putih naik ke mata katanya, tapi aku dah googling itu cuma mitos dan ga bahaya, cuma kan aku jg pen tau dari pengalaman langsung gmn. Yuk sharing bun, soalnya gaenak bgt nih nahan ngantuk berattt," tulis akun Facebook Cidadari di Grup Kehamilan, Kesehatan Anak Dan Resep Masakan.

Baca juga: Tidur Siang Dianjurkan Tidak Terlalu Lama, Cukup 10-20 Menit Saja

"Bun apa iya kalo hbis melahirkan gak boleh tidur siang katanya nanti darah putih naik nanti kena mata mata jadi rabun mitos atau fakta yaa bun
Soal nya kalo siang ngantuk banget
Karena kalo malam Dede nya nyusu terus jadi tidur pun Kurang begadang terus," tulis akun Facebook Mawar Berduri di Grup Kehamilan, melahirkan, dan nifas.

"Mau tanya bun EmngNya Gak Boleh Yahh Sesudah Melahirkan Di Mulai Darah Putih Gak Boleh Tidur Siang Katanya Nanti Matanya Ruksak," tulis akun Facebook Mutia di Grup Kumpulan Ibu Hamil & Nama Bayi Modern.

Benarkah perempuan seusai melahirkan tidak boleh tidur siang karena akan membuat darah putih naik? 

Penjelasan dokter kandungan

Terkait pertanyaan tersebut, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr. Boy Busmar, Sp.OG (K) mengatakan bahwa tidak benar jika tidur siang setelah melahirkan tidak diperbolehkan karena akan membuat darah putih naik ke mata.

"Gak betul. Ibu harus cukup istirahat tidur dan makan minum agar tidak 'layu'," kata Boy kepada Kompas.com, Selasa (9/11/2021).

Boy juga mengatakan, tidur ibu yang baru melahirkan bisa dengan mengikuti pola tidur bayinya.

"Si ibu harus ikuti pola tidur bayinya. Bayi tidur, ibu ikut tidur. Bayi bangun, ibu boleh beres-beres," tuturnya.

Selain itu dia juga menyarankan kepada ibu untuk melakukan senam setiap hari secara rutin.

Baca juga: Melahirkan Lewat Operasi Caesar Atau Pervaginam, Mana yang Lebih Baik?

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.