Kompas.com - 25/10/2021, 10:00 WIB
Memanjat tempat-tempat tinggi adalah naluri kucing untuk mengintai musuh dan bersembunyi dari hewan-hewan lain. Unsplash/Koen EijkelenbooMemanjat tempat-tempat tinggi adalah naluri kucing untuk mengintai musuh dan bersembunyi dari hewan-hewan lain.

KOMPAS.com -  Para pecinta kucing pasti sering melihat anak-anak kaki empat mereka memanjat pintu, duduk di atas lemari es, mendekam di atas lemari pakaian, dan memanjat pohon di pekarangan.

Kucing selalu terlihat menyenangi ketinggian. Suka memanjat apapun seolah mereka tak pernah takut jatuh.

Melansir dari PetMD, kucing sedikit berbeda dengan anjing. Anjing adalah hewan yang sangat menyukai tanah, selalu berada di tempat-tempat yang tak terlalu jauh dari tanah. 

Namun kucing, mereka hidup di dua tempat. Suka bersantai di bawah pohon dan bawah kasur, sekaligus suka berada di tempat-tempat tinggi yang jauh dari tanah.

Baca juga: Mengapa Kucing dan Anjing Bermusuhan?

Ini alasan kucing suka ketinggian

Kegemaran kucing memanjat dan menaiki tempat-tempat tinggi ini adalah warisan genetika dari nenek moyang mereka, para kucing liar yang hidup di hutan.

Kucing hutan terbiasa memanjat pohon untuk mencari makan sekaligus bersembunyi dari musuhnya yaitu para predator lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di atas pohon yang tinggi, kucing hutan akan mengintai hewan buruannya yang berada di bawah.

Kucing secara alami sangat senang mengeksplorasi hal di sekitarnya. Itulah mengapa kita kerap melihat perilaku unik, termasuk kucing menjilati lantai dan permukaan lainnya.PIXABAY/IRENE857 Kucing secara alami sangat senang mengeksplorasi hal di sekitarnya. Itulah mengapa kita kerap melihat perilaku unik, termasuk kucing menjilati lantai dan permukaan lainnya.
Dengan cara mengintai terlebih dahulu seperti ini, kucing bisa memperkirakan jarak dan waktu yang harus ia tempuh untuk menyergap calon makanannya.

Hal serupa juga dilakukan oleh kucing-kucing domestik milik kita. Dengan duduk diam di ketinggian kulkas, kucing bisa mengintai tikus dan cicak yang bisa menjadi target buruannya.

Selain itu, dengan berada di atas lemari, kucing juga bisa bersembunyi dari serangan "predator" masa kini, yaitu anjing peliharaan dan anak-anak kecil yang sering menganggu mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.