Kompas.com - 23/10/2021, 08:00 WIB
Jika takut kecanduan kafein, Anda cukup menghirup aroma kopi saja untuk membuat otak terjaga. Unsplash/BattlecreekJika takut kecanduan kafein, Anda cukup menghirup aroma kopi saja untuk membuat otak terjaga.

KOMPAS.com - Aroma kopi yang wangi bisa membangunkan kita dari tidur. Ketika cuping hidung membaui aroma kopi, secara otomatis otak akan terjaga dan kita menjadi fokus perlahan-lahan. 

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Mengapa aroma atau bau bisa mengusir kantuk kita?

Menurut studi, kopi adalah bahan stimulan yang bisa membantu tubuh terjaga, kemudian bersemangat dan juga fokus.

Hebatnya, untuk membuat kita terbangun dan terjaga, ternyata kita cukup menghirup aromanya saja tanpa perlu menyesap cairannya. 

Melansir dari Live Science, studi mengenai hal ini sudah terkonfirmasi.

Bahwa menghirup uap kopi yang hangat dan wangi bisa secara otomatis mengaktifkan sel-sel dalam otak dan mengurangi kadar kantuk yang masih menyekap mata secara perlahan-lahan.

Baca juga: 8 Cara Sehat Menyeduh Kopi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana cara aroma kopi membuat kita aktif

Kopi sendiri sudah dikonsumsi masyarakat dunia selama 1000 tahun lamanya. Dan kini kopi menjadi minuman terfavorit masyarakat dunia, tak hanya populer di kalangan laki-laki paruh baya saja.

Berbagai penelitian soal manfaat kopi dan efek samping kafein dalam kandungan kopi sudah dilakukan dari tahun ke tahun. Hingga penelitian pun sampai pada pertanyaan, adakah manfaat dari aroma kopi yang wanginya sangat khas itu? 

Han Seok Seo, dari Seoul National University Korea Selatan, adalah salah satu yang melakukan penelitian mengenai aroma kopi ini.

Ia melakukan percobaan pada beberapa ekor tikus yang sebagian di antaranya mengalami gangguan tidur, untuk menghirup aroma dari secangkir kopi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.