Kompas.com - 17/10/2021, 15:00 WIB
salah satu cara mengatasi asam lambung naik adalah menghindari pemicu, terutama pada individu berisiko mengalami GERD atau asam lambung naik. SHUTTERSTOCK/TARNZAR_SHUTTERsalah satu cara mengatasi asam lambung naik adalah menghindari pemicu, terutama pada individu berisiko mengalami GERD atau asam lambung naik.

KOMPAS.com - Sebagian orang meminum kopi saat pagi hari, sembari melakukan kegiatan yang dirasa menyenangkan.

Namun pada beberapa kasus, ada yang merasakan pusing, sakit kepala, bahkan mual sesaat setelah mengonsumsi kopi. Hal ini membuat Anda jadi tidak nyaman saat beraktivitas.

Lantas, apa penyebabnya? Bagaimana cara penanganannya?

Baca juga: Lebih Sehat Mana, Teh Pagi atau Kopi Pagi?

Penyebab pusing setelah minum kopi

Dikutip dari Healthline, Selasa (1/5/2018), meminum produk yang mengandung kafein atau soda memang bisa menyebabkan pusing pada beberapa orang.

Hal ini dikenal sebagai sensitivitas terhadap kafein.

Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan detak jantung Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka yang memiliki riwayat masalah jantung dan berusia lebih tua, mungkin tidak dapat menoleransi perubahan detak jantung ini, akhirnya timbul pusing.

Beberapa orang dengan kondisi seperti vertigo atau penyakit Meniere mungkin juga merasa pusing mereka bertambah parah setelah makan makanan tertentu.

Kondisi ini melibatkan telinga bagian dalam dan dapat memengaruhi keseimbangan Anda.

Seperti diketahui, makanan yang bisa memicu terjadinya sakit kepala yakni makanan dengan kandungan garam tinggi dan alkohol.

Baca juga: Daftar Negara yang Pernah Juara Thomas dan Uber Cup, Bagaimana Indonesia?

Jenis kopi juga berpengaruh

Sementara itu, dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam Hospital Jakarta Selatan dr Inge Permadhi SpGK mengatakan, jenis kopi juga bergantung pada timbulnya sakit kepala pada seseorang.

Menurut dia, jenis kopi dengan tingkat keasaman lebih tinggi, seperti Arabika cenderung menyebabkan gangguan pada lambung dan kemudian berpengaruh ke saraf kepala.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.