Kompas.com - 22/10/2021, 12:00 WIB
Agar nasi tak cepat basi, tambahkan jeruk nipis atau garam ke dalam air rendaman beras. Unsplash/Faris MohammedAgar nasi tak cepat basi, tambahkan jeruk nipis atau garam ke dalam air rendaman beras.

KOMPAS.com - Nasi terkadang mudah menjadi basi, tekstur nasi jadi lembek berair dengan aroma tak sedap yang sangat menyengat.

Nasi yang mudah basi ini bisa terjadi karena banyak faktor. Bisa karena air yang digunakan memasak nasi mengandung bakteri atau sulfur, atau karena ulah debu dan kuman yang tak hilang ketika beras dicuci. 

Selain faktor di atas, nasi juga mudah basi jika rice cooker yang digunakan jarang dibersihkan sehingga sudah ditumbuhi banyak bakteri. 

Jadi ketika nasi Anda mudah basi, coba ingat-ingat lagi. Apakah Anda sudah mencuci beras dengan maksimal? Apakah rice cooker sudah rutin dibersihkan? Dan apakah Anda sudah memasak nasi menggunakan air yang benar-benar bersih?

Dengan mengetahui penyebab utamanya, kita baru bisa menanak nasi dengan lebih tepat sehingga nasi tak akan mudah basi.

Baca juga: Tips Masak Nasi Pulen

Tips agar nasi tak cepat basi

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah tips agar nasi tak mudah basi dan berbau tak sedap:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pilih beras yang berkualitas

Ilustrasi beras putih yang bagus. PIXABAY/ WHITE KIM Ilustrasi beras putih yang bagus.
Mengutip dari laman Leaf TV, amati beras sebelum Anda menanaknya menjadi nasi. Jika beras mengandung kutu atau ulat, maka segera buang beras karena bisa dipastikan beras sudah busuk.

Kemudian cium aroma beras. Beras yang sudah mulai membusuk memiliki aroma yang sedikit menyengat. Sedangkan beras yang masih baik-baik saja tak akan memiliki aroma apapun.

Kemudian sentuh pula beras. Jika beras terasa lembut, maka beras sudah terkontaminasi kelembaban sehingga rawan membusuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.