Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Mengenal Tanaman Bougenville dan Kisah Petualangan Keliling Dunia

Kompas.com - 22/10/2021, 10:10 WIB
Bunga bougenville. PIXABAY/ PISAUIKANBunga bougenville.

SEBUAH jenis tanaman digemari di seluruh pelosok planet bumi karena warnanya yang semarak adalah yang disebut sebagai tanaman bunga kertas yang juga popular dengan nama bougenville.

Bougenville 

Apa yang dianggap sebagai bunga sebenarnya bukan bunga tetapi semacam daun yang berfungsi sebagai pelindung bunga bougenville yang sebenarnya.

Warna daun pelindung bunga bougenville berwarna semarak mulai dari nuansa merah sampai ungu.

Tanaman bougenville cukup tangguh sehingga mampu tumbuh-kembang di lingkungan tropical mulai dari di atas 26 derajat celcius sampai di bawah minus 1 derajat celcius.

Bougenville fleksibel sehingga mampu tumbuh mandiri mau pun merambat di dinding. Juga bonsai.

Semula saya tidak tahu asal-usul nama bougenville sampai pada suatu saat saya melihat sebuah perangko Republik Prancis yang dicetak perdana pada 1998 untuk mengenang seorang tokoh Prancis yang hidup pada masa 1729 sampai dengan 1811 bernama Louis de Bougainville.

Mengelilingi dunia 

Di latar belakang perangko tersebut ditampilkan peta planet bumi dengan tanda-jejak pelayaran mulai dari Prancis ke arah barat melalui ujung selatan benua Amerika ke arah kawasan Oceania melewati ujung utara benua Australia masuk ke wilayah kelautan Nusantara lanjut ke ujung selatan benua Afrika untuk kembali ke benua Eropa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perangko tersebut membuktikan bahwa Louis de Bougainville sebagai warga Prancis lebih dahulu mengelilingi dunia ketimbang James Cook yang warga Inggris sebagai pesaing bebuyutan Prancis.

Louis de Bougenville adalah putra seorang notaris bernama Pierre-Yves de Bougainville yang bergabung ke militer di Kanada.

Atas inisiatif diri sendiri pada 1764, Bougainville mendirikan koloni Prancis di kepulauan Falkland di kawasan Amerika Selatan yang pada abad XX menjadi alasan perang Inggris melawan Argentina.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.