Kompas.com - 22/10/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi work from home (Dok. SHUTTERSTOCK/ASIANDELIGHT) Ilustrasi work from home

KOMPAS.com - Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menjadi salah satu kebiasaan baru yang timbul akibat pandemi Covid-19.

Kebiasaan itu mulai diterapkan sebagai langkah pencegahan penularan virus corona di lingkungan perkantoran.

Selama menjalankan WFH, penggunaan komputer atau gawai dengan intensitas waktu yang lama tentu tak bisa dihindari.

Namun, menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Dr. M. Sidik, SpM(K), bekerja dengan komputer berlama-lama berpotensi mengakibatkan Computer Vision Syndrome.

Ia mengatakan, sindrom tersebut adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan matah merah, berair, gatal, dan terkadang bisa menyebabkan sakit kepala.

“Ini akibat bekerja terlalu lama dengan komputer karena bekerja dengan komputer adalah bekerja dengan jarak yang sama dan terus-menerus, berjam-jam,” kata Sidik, dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, 13 Oktober 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 6 Gangguan Mata Usia 40 Tahun ke Atas dan Cara Menanganinya

Penyebab Computer Vision Syndrome

Sidik menjelaskan, Computer Vision Syndrome adalah gejala kelelahan pada mata. Ciri-cirinya mata merah, berair, gatal, lelah, hingga sakit kepala.

Hal itu disebabkan aktivitas menatap layar komputer atau gawai dengan jarak tertentu secara terus-menerus, bahkan sampai berjam-jam selama bekerja.

Menurut Sidik, efek dari intensitas melihat layar komputer dalam waktu lama akan menimbulkan kekakuan pada otot mata, sehingga saat melihat ke arah jauh objek terlihat ganda atau buram.

Ia mengatakan, efek tersebut biasanya hanya akan dirasakan sesaat, tetapi akan menjadi berbahaya jika kondisi tersebut dianggap hal biasa dan diabaikan.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.