Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2021, 11:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Asam lambung bisa diredakan dengan berbagai macam cara, mulai membatasi makanan asam dan pedas, mengatur pola makan, juga mengatur posisi tidur agar heartburn tak makin parah.

Asam lambung adalah gangguan pencernaan ketika asam pada lambung atau empedu naik dan mengiritasi lapisan dalam saluran makanan.

Disebut juga dengan gerd, asam lambung memiliki banyak gejala. Mulai dari rasa terbakar di dada atau heartburn, mual, sering bersendawa, sesak napas, hingga muntah.

Karena gangguan ini melibas banyak orang dari banyak kalangan usia, maka berbagai peneliti pun beramai-ramai menyuguhkan aneka penanganan gerd baik dari sisi medis maupun sisi pengobatan non medis.

Mengutip Medical News Today, makan jahe adalah salah satu terapi alami yang digunakan untuk meredakan mual dan muntah, gejala dari asam lambung yang membuat kita susah makan.

Selain itu, ada pula terapi alami menggunakan teh herbal seperti teh kamomil dan teh hijau, yang juga banyak dipilih oleh masyarakat. 

Baca juga: Asam Lambung Mengamuk? Redakan dengan Cara Alami Ini

Manfaat permen karet untuk asam lambung

Selain jahe dan teh herbal yang tak mengandung kafein, ada pula terapi pengobatan asam lambung menggunakan permen karet.

Mengunyah permen karet bisa memacu mulut memproduksi lebih banyak air liur yang bisa digunakan mengurangi gejala asam lambung.Unsplash/Karina Miranda Mengunyah permen karet bisa memacu mulut memproduksi lebih banyak air liur yang bisa digunakan mengurangi gejala asam lambung.
Sebuah penelitian di tahun 2005 menyatakan bahwa mengunyah permen karet bisa bermanfaat mengurangi gejala asam lambung.

Dengan mengunyah permen karet kita bisa memaksa tubuh, terutama saluran cerna, untuk melakukan proses penelanan ludah lebih sering.

Ketika kita menelan ludah lebih sering, maka jumlah asam lambung yang ada di sekitar rongga mulut pun akan terbilas habis.

Selain itu, proses mengunyah juga memacu tubuh memproduksi air liur lebih banyak.

Air liur bisa berfungsi melemahkan kekuatan zat asam pada asam lambung dan mengurangi produksi asam lambung itu sendiri.

Dikutip dari Healthlinepermen karet juga bisa digunakan untuk meredakan peradangan sekaligus melembabkan area esofagus. 

Hal ini bisa terjadi lantaran ketika kita mengunyah permen karet, air liur kita berubah menjadi basa. Dan basa, adalah senyawa yang bisa menetralkan asam lambung.

Baca juga: 6 Jenis Buah yang Dapat Membantu Atasi Penyakit Asam Lambung

Memilih permen karet yang tepat untuk asam lambung

Untuk mendapatkan semua manfaat permen karet di atas, kita tak bisa sembarangan memilih permen karet untuk dikonsumsi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com