Kompas.com - 05/10/2021, 12:30 WIB
Beberapa makanan bisa membuat kulit makin berminyak. Namun jeruk dan alpukat, justru bisa mengurangi kadar minyak dalam wajah. Unsplash/Noah BuscherBeberapa makanan bisa membuat kulit makin berminyak. Namun jeruk dan alpukat, justru bisa mengurangi kadar minyak dalam wajah.

KOMPAS.com - Kulit berminyak membuat wajah tak bisa nampak selalu segar. Jika minyak sudah keluar, maka lapisan bedak dan kosmetik lainnya pun akan terganggu.

Kulit berminyak bisa terjadi jika kelenjar minyak di dalam wajah mengeluarkan terlalu banyak sebum. Sebum sendiri adalah zat berminyak berwarna kekuningan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit.

Dilansir dari Medical News Today, produksi sebum berlebihan ini bisa dipicu berbagai hal. Bisa karena faktor genetika yang mempengaruhi hormon, salah memilih produk kecantikan, juga faktor makanan dan gaya hidup.

Untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah, sebaiknya cuci wajah lebih sering, segarkan menggunakan toner, gunakan kertas penyerap minyak, rutin melakukan perawatan masker wajah, dan gunakan pelembab wajah yang tepat.

Baca juga: Tips Merawat Kulit untuk Wanita di Atas 50 Tahun

Bahan pangan yang membuat wajah makin berminyak

Selain usaha di atas, Anda juga bisa mengurangi produksi sebum dengan mengurangi konsumsi beberapa bahan makanan di bawah ini:

1. Susu murni

Susu murni mengandung banyak hormon yang bisa memicu produksi minyak lebih banyak di permukaan wajah.Unsplash/Nikolai Chernichen Susu murni mengandung banyak hormon yang bisa memicu produksi minyak lebih banyak di permukaan wajah.
Dalam laman Times of India, kebanyakan mengonsumsi produk yang mengandung susu tak baik bagi kesehatan kulit, terlebih bagi Anda yang sudah memiliki kulit wajah berminyak.

Kandungan hormon yang terlalu tinggi pada susu bisa menyumbat pori-pori dan membuat kulit makin berminyak.

Jadi jika Anda ingin mengonsumsi susu, hindari susu sapi murni dan gantilah dengan susu almond atau susu kedelai. 

2. Gorengan

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.