Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Pegawai Facebook Tidak Bisa Masuk Kantor karena Server Down

Kompas.com - 05/10/2021, 07:30 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gangguan yang dialami Facebook dan aplikasi-aplikasi lain yang bernaung di bawahnya, seperti WhatsApp dan Instagram.

Hal itu membuat para pengguna dari seluruh dunia terkendala saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Beberapa pakar keamanan digital menduga penyebab Facebook down adalah karena adanya masalah pada Domain Name System (DNS).

Divisi analisis internet Cisco, ThousandEyes, melalui akun Twitter mereka menyebutkan bahwa error yang dialami sejumlah aplikasi yang bernaung di bawah Facebook disebabkan adanya kegagalan DNS yang sedang terjadi.

Baca juga: Penyebab WhatsApp Error dan Dampaknya bagi Pengguna di Seluruh Dunia

Sementara, John Graham-Cumming, chief technology officer Cloudflare, sebuah perusahaan infrastruktur web, mengatakan bahwa error yang terjadi kemungkinan besar disebabkan kesalahan konfigurasi server Facebook.

Tak hanya berdampak pada para pengguna, ternyata gangguan yang dialami Facebook dan aplikasi-aplikasinya juga berdampak pada para pegawai perusahaan digital tersebut.

Terkunci di luar kantor

Melansir New York Times, Senin (4/10/2021) di internal Facebook, kekacauan juga terjadi karena sistem internal mereka berhenti berfungsi. Hal itu diketahui dari memo internal yang dikirim ke karyawan dan dibagikan kepada New York Times.

Para karyawan mengatakan mereka mengalami kesulitan melakukan panggilan dari ponsel kantor dan menerima email dari orang di luar perusahaan.

Platform komunikasi internal Facebook, Workplace, juga mengalami down, sehingga membuat banyak karyawan tidak dapat melakukan pekerjaan mereka.

Baca juga: Layanan Down, Ini Penjelasan WhatsApp, Instagram, dan Facebook

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com