Kompas.com - 23/09/2021, 20:30 WIB
Remahan makanan bisa mengundang semut masuk ke dalam mobil. Unsplash/Jacob SpenceRemahan makanan bisa mengundang semut masuk ke dalam mobil.

KOMPAS.com - Semut yang terperangkap di dalam mobil kemudian membuat sarang di sana adalah bencana.

Bayangkan Anda tengah berkendara, dan kawanan semut merambati kabin mobil kemudian kaki juga kedua tangan Anda.

Semut bisa masuk ke dalam mobil lewat berbagai cara. Bisa jadi, mobil Anda terparkir di bawah pohon yang menjadi sarang semut. Kemudian beberapa semut masuk melalui lubang kecil yang menuju kabin mobil.

Atau, ada makanan-makanan manis yang tersimpan atau tercecer di dalam mobil. Makanan-makanan penuh zat gula ini adalah pemikat semut pekerja untuk datang dan menyerbu mencari sumber makanan untuk kawanannya.

Begitu semut mendapat sumber makanan, semut akan meninggalkan jejak yang akan diikuti oleh semut pekerja lainnya. 

Baca juga: Jangan Diletakkan Dekat Jendela, Tanaman Ini Mengundang Semut

Kerugian akibat semut

Jika menemukan sumber makanan di dalam mobil, semut dan kawanannya akan bersarang di dalam mobil dan merusak interior mobil.Unsplash/Guillaume De Germain Jika menemukan sumber makanan di dalam mobil, semut dan kawanannya akan bersarang di dalam mobil dan merusak interior mobil.
Kecuali semut api yang bisa menggigit, semut biasa yang lazim didapatkan di dapur menyerbu gula dan makanan memang tak menimbulkan bahaya. Ia tak menggigit dan meninggalkan iritasi pada kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, kawanan semut yang menyerbu mobil dan membuat sarang bisa merusak instalasi di dalam kabin mobil.

Ketika membuat sarang, semut bisa melubangi karpet mobil atau dinding kabin yang terbuat dari kayu dan lapisan kulit, juga merusak kabel.

Jadi jika Anda melihat satu dua ekor semut di dalam mobil, Anda harus segera membersihkan mobil agar kabin dan mesin mobil tak dijadikan sarang semut.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Semut dengan Bahan Alami

Cara membasmi semut

Untuk membasmi semut di dalam mobil, Anda harus teliti dan hati-hati. Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan, dilansir dari berbagai sumber:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.