Kompas.com - 23/09/2021, 18:30 WIB
Asam oksalat dalam kentang bisa digunakan menghilangkan karat dan debu dari lukisan. Unsplash/JeshootsAsam oksalat dalam kentang bisa digunakan menghilangkan karat dan debu dari lukisan.

KOMPAS.com - Kentang, selain bisa digunakan untuk mengenyangkan perut dan menyehatkan tubuh, ternyata juga bisa digunakan untuk keperluan membersihkan rumah. 

Sumber karbohidrat alami yang juga diperkaya dengan protein, kalium, folat dan berbagai vitamin ini hendaknya selalu ada di stok dapur Anda.

Selain bisa digunakan untuk meracik sajian kesukaan anggota keluarga, kentang juga memiliki manfaat ganda lain. Yaitu digunakan untuk membersihkan perabotan di dalam rumah, mulai dari sendok hingga lukisan.

Adalah kandungan asam oksalat pada kentang, yang bisa digunakan membersihkan peralatan dari logam, stainless steel, juga gelas dan perak.

Khasiat kentang ini setara dengan baking soda, efektif untuk mereduksi bau tak sedap, mengkilapkan perabotan perak juga menyusut karat. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini manfaat kentang yang bisa Anda aplikasikan untuk membersihkan rumah.

Baca juga: Cara Tepat Menyimpan Kentang agar Tetap Segar dalam Sebulan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Membersihkan peralatan perak

Ilustrasi kentang. PIXABAY/PUBLICDOMAINPICTURES Ilustrasi kentang.
Peralatan makan dan perhiasan dari perak bisa menjadi kusam dan dipenuhi noda. Hal ini terjadi jika peralatan perak sering terkena air dan tidak kering dengan sempurna.

Dilansir dari The Kitchn, Untuk membersihkan peralatan dari perak ini, Anda bisa menggunakan air sisa rebusan kentang.

Masukkan sendok dan garpu di dalam air, rendam kira-kira satu jam lamanya. Setelah itu bilas dan keringkan dengan tisu dapur. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.