Kompas.com - 17/09/2021, 16:30 WIB
Pilah-pilah tanaman yang akan diletakkan di dekat jendela, hindari meletakkan tanaman yang mengundang semut di sana. Unsplash/Adriana CarlesPilah-pilah tanaman yang akan diletakkan di dekat jendela, hindari meletakkan tanaman yang mengundang semut di sana.

KOMPAS.com - Tanaman yang mengundang semut hendaknya diletakkan jauh dari jendela, pintu, dan segala lubang masuk ke dalam rumah.

Tanaman memiliki aroma dan karakteristik senyawa khas yang berbeda-beda. Beberapa disukai oleh binatang, beberapa lagi dibenci oleh binatang.

Nah beberapa tanaman, memiliki aroma dan polen yang bisa mengundang semut. Dan beberapa lagi, mengundang kutu daun yang merupakan makanan semut.

Kutu daun menyesap sari tumbuhan dan mengeluarkannya dalam bentuk kotoran yang mengandung zat gula. Kotoran ini lah, yang dicari dan diincar oleh semut-semut.

Jadi ketika Anda memiliki tanaman dengan karakteristik seperti di atas, sebaiknya hati-hati meletakkan pot media tanamnya.

Jika terlalu dekat dengan lubang akses rumah, maka semut di dahan dan rantingnya bisa menginvasi rumah. Efeknya, semut bisa membuat sarang di rumah Anda dan mengotori setiap sudut rumah.

Baca juga: Hati-hati, Tanaman Ini Bisa Menarik Perhatian Ular

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanaman yang disukai semut

Kebanyakan tanaman indoor tak mengundang semut atau kutu daun. Tanaman-tanaman bunga yang sering ditanam di luar ruangan lah yang sering menarik perhatian semut-semut.

Berikut ini adalah tanaman yang mengundang semut:

1.  Peony

Peony adalah salah satu bunga yang paling disenangi semut.Unsplash/Jaroslava Petrasov Peony adalah salah satu bunga yang paling disenangi semut.
Peony atau botan adalah tanaman hias yang tergolong tumbuhan tahunan. Tanaman bunga yang termasuk ke dalam golongan tanaman semak ini bisa tumbuh tinggi hingga 3 meteran.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.