Kompas.com - 22/09/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi mengikuti program Kartu Prakerja. Shutterstock/Ommaphat ChatiratIlustrasi mengikuti program Kartu Prakerja.

KOMPAS.com - Pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja gelombang 18 batas akhirnya adalah hari ini, Rabu (22/9/2021) pukul 23.59 WIB.

Apabila penerima Prakerja tidak segera membeli pelatihan pertama di tanggal dan waktu yang ditetapkan tersebut, maka akan dicabut kepesertaannya.

"Kami terus memantau kepesertaan yang dicabut dari gelombang 18-21 karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah dinyatakan lolos sebagai peserta Prakerja," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, kepada Kompas.com,Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Perbandingan iPhone 13 dan iPhone Generasi Sebelumnya

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kartu Prakerja (@prakerja.go.id)

Kepesertaan yang dicabut

Aturan mengenai kepesertaan Kartu Prakerja diatur dalam Permenko Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam Permenko tersebut disebutkan bahwa setiap penerima Kartu Prakerja memiliki batas waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak dinyatakan lolos seleksi.

Apabila kepesertaan Kartu Prakerja dicabut, maka yang bersangkutan tidak akan menerima insentif dan tidak akan diloloskan pada seleksi gelombang lainnya.

Selain itu, dana bantuan pelatihan dan dana insentif yang tersisa di akun Prakerja yang bersangkutan akan dikembalikan ke rekening dana Kartu Prakerja.

Baca juga: Sejarah Terbentuknya Warkop DKI

Cara ikut pelatihan

Agar kepesertaan tidak dicabut, pastikan penerima Kartu Prakerja sudah membeli pelatihan.

Peserta yang dinyatakan lolos, akan mendapat bantuan dana awal sebesar Rp. 1.000.000. Akan tetapi, peserta tidak dapat langsung membelanjakan dana ini untuk pelatihan.

Peserta diwajibkan dulu untuk menonton 3 video, masing-masing berdurasi sekitar 2-3 menit yang telah disediakan pihak Prakerja. Setelah menonton video panduan, penerima baru dapat mengikuti pelatihan Kartu Prakerja. Langkahnya, meliputi:

  • Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia
  • Cek pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, Tokopedia, atau lembaga lainnya
  • Pilih pelatihan sesuai kebutuhan
  • Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.

Baca juga: Prakerja Gelombang 21 Diumumkan Hari Ini Pukul 20.00 WIB

Kartu Prakerja bekerjasama dengan 7 platform digital, 183 lembaga pelatihan dengan 780 pelatihan aktif, 5 mitra pembayaran, 3 job portal, dan 7 institusi pendidikan menjadi semacam rumah belajar.

Sejak Gelombang 1 dibuka pada 11 April 2020 hingga pengumuman penerima Gelombang 20 pada 15 September 2021, program ini sudah menjangkau 10,6 juta penerima manfaat.

Rinciannya, 5,5 juta peserta pada 2020 serta 5,1 juta penerima Kartu Prakerja pada 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.