Kompas.com - 21/09/2021, 21:00 WIB
Ikan dan hewan-hewan yang hidup di air juga bisa tenggelam jika mereka kehabisan oksigen. Unsplash/Tai S CapturesIkan dan hewan-hewan yang hidup di air juga bisa tenggelam jika mereka kehabisan oksigen.

KOMPAS.com - Ikan dan hewan-hewan yang hidup di air sudah barang pasti pintar berenang.  Namun pernah kah mereka sesekali tenggelam?

Mengingat ikan dan hewan-hewan di dalam air juga memiliki berat tubuh, yang mau tak mau tetap tak bisa melawan gravitasi.

Berbagai penghuni daratan, bisa dipastikan akan tenggelam bila berada di dalam air dan tak bisa berenang. Berdasarkan data dari WHO, sekitar 236.000 orang di dunia tenggelam setiap tahunnya.

Sedangkan penghuni daratan lain, seperti anjing, kucing, gajah, dan burung-burung, juga bisa mengalami kecelakaan di dalam air yang sama, yaitu tenggelam dan mati lemas karena kekurangan oksigen.

Lantas bagaimana dengan hewan yang hidup di air? Apakah mereka juga bisa tenggelam dan lemas karena kekurangan oksigen?

Baca juga: Viral, Video Ikan Berukuran Raksasa, Ikan Apa Sebenarnya?

Penyebab ikan tenggelam

Frances Withrow, ahli biologi kelautan di Oceana, mengatakan bahwa hewan penghuni air pun membutuhkan oksigen untuk hidup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hanya saja mereka mengonsumsi oksigen yang larut di dalam air, sedangkan kita mengambil oksigen dari udara bebas," ujar Withrow.

Ikan-ikan akan bernapas dengan mengambil oksigen yang ada di air yang mengalir di sela-sela insang mereka. Jadi jika insang rusak dan tak ada aliran air yang mengalir di sana, ikan akan kehabisan oksigen. 

Ikan harus terus bergerak agar ada banyak oksigen di sekitar tubuhnya.Unsplash/Jeremy Bishop Ikan harus terus bergerak agar ada banyak oksigen di sekitar tubuhnya.

Teknik tenggelam pada ikan berbeda dengan manusia. Mereka tak tenggelam kemudian mati lemas, namun lemas karena kekurangan oksigen sehingga tubuhnya akan tenggelam.

"Proses kekurangan oksigen ini bisa membuat ikan mati lemas, persis seperti proses manusia tenggelam yang kehabisan udara dan lemas," ujar Withrow.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.