Kompas.com - 12/09/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi gajah sabana Afrika. 
newscientistIlustrasi gajah sabana Afrika.

KOMPAS.com - Lebih dari 200 spesies yang ada di bumi ini bisa hidup melintasi ratusan tahun.

Mulai dari hewan darat seperti kura-kura dan gajah, hingga hewan penghuni lautan seperti ikan paus biru, ikan lautan dalam, hingga coral dan ubur-ubur.

Ilmuwan pun tergelitik untuk meneliti, mengapa beberapa spesies di bumi bisa hidup beratus-ratus tahun bahkan ada pula yang bisa dikatakan abadi, yaitu si ubur-ubur abadi.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang diduga sebagai faktor pendukung spesies-spesies ini bisa memiliki waktu hidup yang sangat panjang.

Baca juga: Binatang-binatang dengan Usia Terpanjang, Ada yang Hidup Abadi

Tempat hidup jauh dari gangguan

ilustrasi terumbu karangShutterstock ilustrasi terumbu karang
Beberapa ilmuwan menemukan bahwa spesies yang hidup ratusan tahun banyak terdapat di lautan dalam. Seperti coral, macro alga, sponges atau bunga karang, dan gorgonian atau karang lunak.

Dilansir dari National Geographic, Mediterranean red coral yang bisa hidup mencapai 500 tahun, menghuni lautan dalam yang sangat jauh dari permukaan laut hingga tak mengenal sinar matahari.

Spesies laut yang dikenal memiliki waktu hidup terlama, yaitu Monorhaphis chuni dari golongan bunga karang, bahkan bisa hidup hingga 11 ribu tahun lamanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lewat studi demi studi didapatkan kesimpulan bahwa tempat hidup spesies, sangat menentukan lama tidaknya spesies tersebut bisa terus bertahan hidup.

Baca juga: Binatang-binatang yang Kecerdasannya Menyamai Manusia

Di lautan dalam sendiri banyak spesies yang hidup melintasi waktu ratusan tahun karena area ini minim gangguan dibanding area yang lebih dekat ke permukaan air.

Seperti misalnya gangguan badai, perubahan temperatur dan kerusakan yang datang dari daratan atau tangan-tangan manusia. Hal ini diungkap oleh Dan Doak, profesor dari divisi lingkungan University of Colorado.

Selain karena badai dan polusi, hewan-hewan air yang hidup di perairan dangkal juga berisiko memiliki waktu hidup singkat karena diserang oleh predator.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.