Kompas.com - 19/09/2021, 19:47 WIB
Ilustrasi kutu beras. SHUTTERSTOCK/SUNTEZZAIlustrasi kutu beras.

KOMPAS.com - Kutu beras dan kumbang tepung adalah dua jenis serangga yang kerap ditemui di dapur rumah. Sesuai namanya, kutu beras biasanya berada di antara butiran beras yang Anda simpan di wadah tertentu.

Sedangkan kumbang tepung kerap menyerang tepung terigu maupun tepung maizena yang disimpan di dapur.

Kebanyakan orang tidak menyadari fakta ini, tidak menutup kemungkinan Anda secara tidak sengaja menelan larva, telur, atau kutu beras maupun kumbang tepung karena mereka sangat umum dan tidak dapat dihindari.

Keberadaan kutu beras dan kumbang tepung tentu saja sangat mengganggu terlebih yang dirusak adalah bahan-bahan makanan seperti beras dan tepung.

Baca juga: Mudah, 6 Cara Alami Membasmi Kutu Beras dan Kumbang Tepung di Dapur

Mereka diam-diam memasuki dapur dan menghancurkan semua beras, tepung, atau makanan lain yang disimpan. Karena itu, kutu beras dan kumbang tepung yang mengganggu perlu dibasmi.

Biasanya, kedua serangga ini berkembang biak lebih produktif di musim hujan karena mereka tumbuh dalam kondisi lembab. Begitu mereka mulai bereproduksi, tidak mungkin untuk menghentikannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membasmi kutu beras dan kumbang tepung

Lalu bagaimana cara membasmi kedua serangga tersebut? Dilansir dari berita Kompas.com (8/9/2021), setidaknya ada 5 cara membasmi kutu beras dan kumbang tepung yang bisa Anda coba, yakni sebagai berikut:

  • Bekukan dan matikan

Untuk mengatasi kutu beras dan kumbang tepung, Anda bisa menyimpan paket bumbu dan tepung di dalam freezer selama empat hari segera setelah Anda membelinya.

Anda dapat melakukan ini untuk tepung terigu, tepung gandum, kue kering, tepung jagung, dan rempah-rempah.

Mengapa demikian? Cara ini bisa membunuh semua larva dan telur kutu yang ada di dalam paket dan akan menghentikan serangan lebih lanjut. Jika sudah membeku, keluarkan dan bahan-bahan tadi dan simpan di tempat biasa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.