Kompas.com - 19/09/2021, 19:40 WIB
Ilustrasi uang rupiah SHUTTERSTOCK/AIRDONEIlustrasi uang rupiah

KOMPAS.com - Penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) Rp 1 juta kepada pekerja/buruh di masa pandemi virus corona masih berlangsung.

Kompas.com, Jumat (17/9/2021), memberitakan, total subsidi upah yang telah disalurkan sebanyak 4.611.816 ke rekening pekerja/buruh.

Jumlah tersebut terdiri dari 2.301.976 ditransfer langsung ke rekening pekerja/buruh yang memiliki rekening Himbara, dan 2.309.840 dilakukan penyaluran melalui pembukaan rekening kolektif oleh pemerintah.

Baca juga: Penyebab Gagal Dapat Subsidi Upah Rp 1 Juta

Bantuan Subsidi Upah tahap 4 masih disalurkan September

Menurut keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (19/9/2021), Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta perusahaan untuk tetap berkolaborasi dengan bank Himbara terkait pencairan BSU.

Pada September ini, penyaluran subsidi upah melalui skema pembukaan rekening baru secara kolektif (burekol).

Ia menjelaskan, penyaluran BSU melalui skema burekol diperuntukkan bagi penerima subsidi upah tahun 2021 yang belum memiliki rekening pada Bank Himbara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses aktivasi rekening baru dilakukan di perusahaan, sementara pihak bank penyalur mendatangi masing-masing perusahaan untuk melakukan aktivasi rekening baru tersebut.

Dengan demikian, para pekerja/buruh yang telah ditetapkan menerima subsidi upah tidak perlu lagi datang ke bank penyalur untuk melakukan aktivasi rekening secara mandiri.

“Jadi kami harapkan aktivasi rekening baru ini tidak menyebabkan penumpukan orang di bank. Hal ini sebagai bentuk ketaatan kita menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ida.

Cara cek status subsidi upah bagi rekening kolektif

Anggota Biro Humas Kemnaker Rintoko mengatakan, tidak hanya pemilik rekening Himbara, pekerja/buruh yang dibuatkan rekening kolektif juga dapat mengecek status calon penerima BSU.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.