Virus Nipah Menyebar di India, Tewaskan 1 Anak, 2 Nakes Terinfeksi

Kompas.com - 06/09/2021, 18:04 WIB

KOMPAS.com - Seorang anak berusia 12 tahun dilaporkan meninggal dunia karena Virus Nipah di negara bagian Kerala, India, Minggu (5/9/2021). 

Menteri Kesehatan Kerala, Veena George menyebutkan, 158 orang yang melakukan kontak dengan korban sudah diidentifikasi. 

"Teridentifikasi 158 orang yang melakukan kontak dengan anak tersebut, dan 20 dari mereka masuk dalam daftar kontak utama (kategoris sangat berisiko). ke-20 orang ini akan dirawat di rumah sakit Medical collage," kata George dikutip dari Antara, (6/9/2021). 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui tentang Virus Nipah

Nakes terinfeksi

Selain itu, George menyebutkan dua pekerja medis yang melakukan kontak dengan anak laki-laku berusia 12 tahun itu mengalami gejala terinfeksi virus.

Salah seorang di antaranya merupakan pekerja staf di Kozhikode Medical College Hospital dan satu lagi anggota staf di rumah sakit swasta di Kozhikode, tempat korban menjalani perawatan. 

Selanjutnya, Departemen Kesehaan Kerala memperingatkan distrik Kozhikode, Kannur, dan Malappuram sebagai zona berisiko dan mendirikan posko virus nipah di Kozhikode. 

Pejabat setempat juga menyiapkan bangsal khusus isolasi bagi pasien yang positif dan bergejala. 

Bertindak cepat, pemerintah negara bagian dan pusat mengirimkan tim mereka ke Kozhikode untuk menilai situasi di wilayah Chathamangalam Panchayat.

Baca juga: 9 Gejala Terinfeksi Virus Nipah

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.